spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Menlu Retno Klaim Semua Menlu G20 Bakal Hadir di Bali

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Menteri Luar (Menlu) Negeri RI Retno Marsudi memastikan bahwa seluruh menteri luar negeri negara anggota G20 bakal hadir pada pertemuan G20 Foreign Minister Meeting di Bali, 7-8 Juli 2022.

    “Untuk mempersiapkan semuanya, konsultasi dan komunikasi sangat perlu dilakukan karena kita tahu bahwa dunia sedang tidak baik-baik saja,” kata Menlu Retno, Senin (4/7/2022).

    20 negara anggota G20 adalah Indonesia, Argentina, Australia, Brazil, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok atau China, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

    Menlu Retno juga memastikan semua menlu seluruh negara anggota akan hadir secara fisik di Bali, pekan ini.

    BACA JUGA: Gletser Pegunungan Alpen Runtuh , 6 Pendaki Tewas

    “Kita mendapatkan konfirmasi bahwa semua menlu G20 akan hadir di pertemuan FMM di Bali,” kata dia, seperti dilansir IDN.

    Konsultasi dan komunikasi yang dilakukan Menlu Retno akhirnya membuahkan hasil. Konsultasi ini dilakukan agar semua pihak bersatu untuk menghadapi situasi dunia yang sedang genting ini.

    Menlu Retno menyampaikan apresiasi kepada para koleganya atas konfirmasi kehadiran mereka dalam perhelatan FMM pekan ini.

    “Saya sampaikan penghargaan yang tinggi kepada semua kolega saya yang telah nyatakan komitmen untuk hadir,” katanya.

    Menurutnya, komitmen tersebut mengembangkan optimisme bahwa para pemimpin negara G20 saatnya untuk memperlihatkan kepemimpinannya dalam menciptakan perdamaian dan kemanusiaan.

    “Situasi dunia memang sangat sulit, kita perlu kerja sama menjalankan komitmen untuk perdamaian dan kemanusiaan. Dunia menunggu pemimpin G20 untuk menunjukkan kepemimpinannya bagi perdamaian, kemanusiaan, dan kemakmuran,” tegas dia.

    Selain mengundang seluruh menlu negara anggota G20, Indonesia diketahui juga mengundang sejumlah menlu yang bukan negara anggota G20.

    Indonesia diketahui juga telah mengundang menlu Ukraina untuk ke FMM maupun mengundang Presiden Volodymyr Zelenskyy untuk hadir di KTT G20, November 2022 mendatang.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img