spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Internet Lemot, Ini Cara Mengatasinya

    FOKUSJabar.id: Dunia internet sudah menjadi teman aktivitas sehari-hari, baik di dunia kerja, game, atau aktivitas lainnya. Terkadang , pekerjaan sehari-hari terganggu saat jaringan internet mulai lemot. Berikut beberapa penyebab internet lemot:

    • Sistem Operasi

    Masalah pada sistem operasi pada perangkat kita bisa juga menjadi penyebab internet lemot. Hal itu bisa diatasi dengan cara me-restart perangkat, lalu akan kembali normal.

    • Paket Data Sekarat

    Internet lemot juga bisa dipicu oleh paket data kita yang mulai sekarat (menipis). Mengutip dari suara.com, beberapa operator memberlakukan pengurangan kecepatan dengan tujuan agar paket data tidak lekas habis.

    BACA JUGA: Mengenal Dark Web Lapisan Terdalam Internet yang Mengerikan

    • Banyak aplikasi yang dibuka

    Biasakan menutup aplikasi sebelum membuka aplikasi lainnya. Sebab, berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa menutupnya terlebih dahulu bisa menyebabkan internet lemot. Karena aplikasi yang tidak ditutup akan terus menggunakan jaringan internet, alhasil, kapasitas jaringan yang kita miliki harus terbagi untuk beberapa aplikasi yang terbuka tadi.

    • Mengakses Jaringan Bersamaan

    Padatnya akses yang digunakan pengguna lain juga bisa menyebabkan internet lemot. Hal itu terjadi karena banyak pengguna yang mengakses dalam waktu bersamaan, sehingga saat mengakses internet akan terasa lambat.

    Lalu bagaimana solusinya?

    • Update Berkala

    Meng-update perangkat secara berkala, termasuk software nya bisa menjadi solusi, karena terkadang aplikasi masih mengambil data meski tidak sedang digunakan, alhasil, kinerja perangkat cukup berat.

    BACA JUGA: Instagram Kini Bisa Diakses Tanpa Internet

    Begitupun dengan aplikasi yang belum di-update bisa memengaruhi koneksi internet, sebab kinerja ponsel sangat berat.

    • Bersihkan Cache

    Banyaknya aplikasi yang digunakan membuat koneksi internet terus aktif, maka menutup aplikasi yang tidak digunakan bisa menjadi solusi.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img