spot_img
Minggu 3 Juli 2022
spot_img
More

    Viral Iuran BPJS Kesehatan Terbaru, Sampai Rp12 Juta?

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Belakang beredar informasi mengenai iuran BPJS Kesehatan terbaru. Bahkan, kabar itu menyebut peserta diharuskan membayar sampai dengan Rp 12 juta.

    Hal tersebut tentu saja tidak benar. Karena BPJS Kesehatan masih memberlakukan tarif yang sama seperti sebelumnya.

    Berikut iuran BPJS Kesehetan menurut kelasnya masing-masing:

    a. Sebesar Rp. 42.000, – (empat puluh dua ribu rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas III.

    Khusus untuk kelas III, bulan Juli – Desember 2020, peserta membayar iuran sebesar Rp. 25.500, -. Sisanya sebesar Rp 16.500,- akan dibayar oleh pemerintah sebagai bantuan iuran.

    BACA JUGA: Pernihakan Beda Agama Dikabulkan PN Surabaya

    Per 1 Januari 2021, iuran peserta kelas III yaitu sebesar Rp 35.000,-, sementara pemerintah tetap memberikan bantuan iuran sebesar Rp 7.000,-.

    b. Sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II.

    c. Sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I.

    Melansir CNBC, Iuran bagi Peserta Pekerja Penerima Upah yang bekerja pada Lembaga Pemerintahan terdiri dari Pegawai Negeri Sipil, anggota TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pegawai pemerintah non pegawai negeri sebesar 5% (lima persen) dari Gaji atau Upah per bulan dengan ketentuan : 4% (empat persen) dibayar oleh pemberi kerja dan 1% (satu persen) dibayar oleh peserta.

    Iuran bagi Peserta Pekerja Penerima Upah yang bekerja di BUMN, BUMD dan Swasta sebesar 5% ( lima persen) dari Gaji atau Upah per bulan dengan ketentuan : 4% (empat persen) dibayar oleh Pemberi Kerja dan 1% (satu persen) dibayar oleh Peserta

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img