spot_img
Minggu 3 Juli 2022
spot_img
More

    Pesawat Susi Air kecelakaan di Papua, 7 Korban Dievakusi

    PAPUA,FOKUSJabar.id: Pesawat Susi Air  mengalami kecelakaan di Papua, Kamis (23/6/2022). sebanyak tujuh korban berhasil dievakusi.

    Pesawat (Pilatus Porter PC-6) berangkat dari bandara Mosez Kilangin Timika tujuan Doema Kabupaten Paniai tersebut dilaporkan lost contact sekitar pukul 08.00 WIT.

    Sebanyak 7 penumpang (sebelumnya dilaporkan 6) pesawat Susi Air (Pilatus Porter PC-6) PK BVM berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat menggunakan heli Caracal milik TNI-AU, Kamis (23/6/2022) pukul 12.00 WIT.

    Pesawat Susi Air jatuh di pedalaman Papua. (web)

    Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika Letkol Pnb Slamet Suhartono mengatakan, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 7 korban pesawat Susi air yang mengalami kecelakaan saat perjalanan dari Duma ke Timika.

    “Kita (tim SAR gabungan TNI Polri) telah melaksanakan tugas kemanusiaan evakuasi korban dari pesawat Susi Air yang terjadi crash,” kata Slamet usai evakuasi.

    Sebanyak 7 korban selamat pesawat Susi Air berhasil dievakuasi dari lokasi kejadian ke bandara Mosez Kilangin dengan kondisi luka-luka, kemudian seluruh korban dibawa ke RSUD Mimika untuk mendapatkan penanganan medis.

    BACA JUGA: Viral Seorang Pria Diarak Warga Karena Diduga Perkosa Wanita Tunanetra

    “Dari 7 korban itu, ada yang patah kaki, patah tangan dan pendarahan tapi semua kondisi selamat dan sudah di evakuasi ke rumah sakit,” kata Slamet.

    Hingga saat ini belum dipastikan penyebab terjadinya lost contact pesawat Susi Air (Pilatus Porter PC-6) PK BVM yang berangkat dari bandara Mosez Kilangin Timika tujuan Doema

    Untuk memastikan penyebab pesawat Susi Air kecelakaan perlu dilakukan investigasi oleh tim KNKT terkait penyebabnya jatuhnya pesawat nahas tersebut.

    “Untuk informasi awal yang kita dapatkan dari pilot bahwa terjadi crash saat perjalanan dari Duma ke Timika, jadi pesawatnya airborn,” kata Slamet, seperti dilansir IDN.

    Dari pantauan di lapangan, heli Caracal yang membawa korban tiba di bandara Mosez Kilangin, selanjutnya dibawa ke RSUD Mimika.

    Saat tiba di IGD, tim medis langsung menandu 3 korban yang mengalami luka ringan di bagian kaki dan 3 korban lainnya bisa berjalan masuk ke IGD, mereka dalam kondisi sehat.

    Berdasarkan laporan yang diterima, pesawat Susi Air PK-BVM take off dari Timika pukul 20.34 utc (05.34 WIT) dan di jadwalkan tiba di Timika kembali sekitar pukul 08.00 WIT.

    Pesawat Susi Air mengalami kecelakaan di Papua. Dalam informasi yang disampaikan Susi Pudjiastuti, kecelakaan terjadi pada pesawat rute Timika ke Duma, Papua.

    Namun, dipastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa kecelakaan pesawat Susi Air di Papua ini. Kepastian dikatakan Susi dalam akun Twitter-nya disitat Kamis (23/6/2022) pagi.

    Saat kecelakaan terjadi, pesawat tersebut tengah mengangkut sejumlah penumpang. Semuanya berhasil selamat. Kata Susi, saat ini tim Basarnas dan TNI sudah bergerak untuk melakukan evakuasi.

    “Berita terakhir ada yang selamat. Tim evakuasi Basarnas dan TNI segera bergerak. Alhamdulillah info berita terakhir semua penumpang selamat. Amin YRA,” kata dia.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img