spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Jelang Idhul Adha, Pemkot Bandung Pastikan Komuditas Pangan Aman dan Stabil

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan stok dan harga komoditas pangan dalam kondisi yang stabil.

    “Tadi Pak Menteri Perdagangan sudah cek langsung. Harga minyak goreng di Kota Bandung sudah sesuai HET. Beberapa komoditas pangan juga sudah kami pantau,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah di Pasar Kosambi Kota Bandung Jabar Kamis (23/6/2022).

    Namun begitu, ada beberapa komoditas pangan memang mengalami kenaikan harga menjelang Idul Adha sekarang. Seperti misalnya cabai rawit merah yang masih berkisar di angka Rp 100.000. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor, seperti misalnya faktor cuaca.

    BACA JUGA: Harga Cabe Rawit Di Ciamis Meroket Tebus Rp 120 Ribu/Kg

    “Ada kenaikan, namun itu tidak jauh dari harga acuannya,” ucapnya.

    Sementara itu menurut Elly, harga daging sapi terpantau masih berkisar di angka Rp 140 ribu. Sedangkan daging ayam berkisar di angka Rp 36 ribu hingga Rp 37 ribu. Harga ini relatif mengalami penurunan dari mulanya Rp 39 ribu.

    Berkaca dari data tersebut, Elly menyampaikan bahwa harga komoditas pangan di Kota Bandung dalam kondisi stabil. Adanya kenaikan, disebut dia masih dalam batas wajar.

    “Kita akan pantau terus. Jika terjadi kenaikan signifikan, tentu kami dari pemerintah kota akan melakukan upaya-upaya seperti operasi pasar,” ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img