spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Indonesia Kuasai Podium Juara DuaLiga National Age Group Championships di Malaysia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Indonesia mendominasi podium juara pada nomor duathlon di kejuaraan ‘DuaLiga National Age Group Championships‘ di Putrajaya, Malaysia, 18-19 Juni 2022. Indonesia berhasil mengawinkan gelar di nomor elite duathlon.

    Di kelompok putri, atlet asal Kota Bandung, Zahra Bulan Aprilia Putri berhasil menjadi yang terbaik di nomor Female Elite Duastandard. Zahra Bulan mampu menyelesaikan lomba dalam waktu 2 jam 09:23 menit.

    Peraih medali emas PON XX nomor triathlon ini berhasil mengalahkan dua atlet tuan rumah Malaysia, Esther Joy Chen Hong Li dan Tahira Najmunisaa Muhammad Zaid. Esther harus puas dengan medali perak usai finish di posisi kedua dengan catatan waktu 2 jam 09:28 menit dan Tahira di posisi ketiga dengan catatan waktu 2 jam 13:49 menit.

    Kemenangan Zahra Bulan pada kejuaraan yang digelar Malaysia Triathlon ini menjadi pembuktian kemampuannya. Pasalnya di SEA Games 2021 lalu di Vietnam, Zahra harus puas dengan medali perunggu dari nomor Women’s Individual Duathlon setelah bertanding ditengah kondisi haids.

    fokusjabar.id Indonesia Duathlon Triathlon
    Atlet Indonesia asal Kota Bandung, Jabar, Zahra Bulan Aprilia Putri berhasil menjadi yang terbaik di nomor Female Elite Duastandard. (FOTO: Istimewa)

    Sementara di kelompok putra, Indonesia tampil dominan dengan menguasai podium kemenangan. Posisi pertama, kedua dan ketiga pada nomor Male Elite Duastandard diraih atlet Indonesia.

    Podium juara diraih Ronald Bintang Setiawan yang mencatatkan waktu tercepat 1 jam 55:16 menit. Disusul atlet asal Jabar, Rudie Febriadie dengan catatan waktu 1 jam 55:17 menit di posisi kedua dan Muhammad Syifa Jagadnata di posisi ketiga dengan catatan waktu 1 jam 56:33 menit.

    BACA JUGA: Tim Softball Kota Bandung Kawinkan Gelar Piala Gubernur Jabar 2022

    Manajer timnas Indonesia, Dika Chrisna Irzandi mengaku sangat bangga dengan hasil yang diraih atlet Indonesia di Negeri Jiran. Meski demikian, pihaknya berharap para atlet tidak berpuas diri dengan hasil yang diraih.

    “Kita memboyong lima atlet ke Malaysia, tiga putra dan dua putri. Tiga atlet putra yakni Ronald asal Jatim, Syifa asal Jateng, dan Rudie asal Jabar. Sedangkan dua atlet putri asal Jabar yakni Zahra Bulan dan Eva Desiana. Hanya Eva yang gagal naik podium setelah mengalami insiden dengan atlet tuan rumah sehingga finish di posisi keempat,” kata Dika saat dihubungi FOKUSJabar, Minggu (19/6/2022).

    fokusjabar.id Indonesia Duathlon Triathlon
    Indonesia tampil dominan dengan menguasai podium kemenangan pada nomor Male Elite Duastandard. (FOTO: Istimewa)

    Dika menuturkan, pengalaman bertanding di kejuaraan single even tingkat internasional sangat penting bagi perkembangan atlet. Pasalnya, saat pandemi Covid-19 tidak ada kejuaraan yang digelar.

    “Jadi kejuaraan ini sebagai kompensasi pandemi yang panjang. Hasil hari ini menjadi catatan penting kami untuk pembinaan kedepannya. Kami berharap dapat mengikuti berbagai single event internasional agar para atlet matang saat mengikuti multi event, kami mohon doa dan dukungan untuk timnas triathlon agar selalu berprestasi,” Dika menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img