spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Ini Penjelasan Yana Mulyana Terkait Kapasitas Penonton di Stadion GBLA Dibatasi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah kota ( Pemkot) Bandung membatasi kapasitas penonton di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). meski saat ini Kota Bandung masuk di pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1.

    Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, bahwa kebijakan yang dilakukan Pemkot Bandung terkait kapasitas penonton adalah bentuk kehati-hatian.

    “Kemarin di stadion orang-orang pada marah kenapa kapasitas enggak seratus persen. Ini bentuk kehati-hatian kita. Kan sebetulnya relaksasi cafe dan tempat lain sudah 100 persen, kenapa stadion masih 75 persen. Itu bentuk kehati-hatian kita. Tolong dipahami oleh masyarakat. Jangan euforia lah,” kata Yana di Kantor PMI Kota Bandung Jalan Aceh Jabar Selasa (14/6/2022).

    BACA JUGA: Sambut Bonek, Pemkot Bandung Siapkan Lahan di Sekitar GBLA

    “Ini kan sudah empat tahun enggak dipergunakan. Kita harus ada kehati-hatian. Kemarin ada rekomendasi dari pihak kepolisian, dan dari satgas jangan terlalu banyak. Minimal tribun bawah dengan kapasitas 15.500 orang. Itu ikhtiar kita,” kata dia menambahkan.

    Menurutnya, dilatasi pada sebuah bangunan seperti yang terlihat di Stadion GBLA adalah hal lumrah. Dilatasi pada bangunan, dibuat untuk menghindari keretakan pada bangunan yang ditimbulkan oleh impact vertikal atau juga horisontal.

    “Dilatasi itu pasti ada. Di sudut itu memang dilatasi, dan memang sengaja dibuat. Itu memang nggak nyambung. Jadi memang bangunan itu berpisah. Jadi mungkin karena penurunannya nggak bareng, jadi terlihat seperti retak. Dilatasi itu memang standarnya dibangun pasti ada dibangunan bagian pojok-pojok,” ucapnya.

    Namun demikian, Yana mengaku bersyukur bahwasannya hingga saat ini. Gelaran Piala Presiden 2022 berjalan lancar. Pihaknya pun mengajak kepada seluruh suporter untuk tetap menjaga konduktivitas dan tidak bereuforia dengan berlebihan.

    “Alhamdulillah PT Liga, PSSI, dan Persib Bandung juga mempercayakan Stadion GBLA jadi venuenya untuk pra musim ini Piala Presiden. Terima kasih juga untuk para bobotoh menjaga acara kemarin kondusif, dan mari kita jaga sama sama. Jangan euforia,” ujarnya.

    BACA JUGA: Wali Kota Bandung Minta Masyarakat Cegah Omicron Varian Baru Dengan Prokes

    Diketahui, Stadion GBLA Kota Bandung menjadi satu dari empat venue yang dipergunakan turnamen Piala Presiden 2022. Tergabung dalam Grup C, GBLA dihuni tim Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Bhayangkara FC dan Bali United.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img