spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Perbasi Jabar Gelar 3×3 Basketball Competition, Jadi Syarat Berlaga di Porprov XIV Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jawa Barat menggelar Pra Event Porprov XIV Jabar ‘3×3 Basketball Competition’ di GOR Laga Tangkas, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda Arcamanik, Kota Bandung, 4-5 Mei 2022. Sebanyak 23 pengcab Perbasi kota/kabupaten ikut serta dalam kompetisi yang menjadi prasyarat mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jabar tahun 2022.

    Ketua Umum Pengprov Perbasi Jabar, Epriyanto mengatakan, pasca terpilih saat Musorprovlub pada Desember 2021, jajaran kepengurusan Perbasi Jabar langsung dihadapkan pada beberapa kegiatan. Gelaran kompetisi bola basket 3×3 ini pun menjadi salah satu program kerja kepengurusan Perbasi Jabar 2021-2025.

    fokusjabar.id Perbasi bola basket 3x3
    Pertandingan di kelompok putra pada Pra Event Porprov XIV Jabar 3×3 Basketball Competition di GOR Laga Tangkas, SPOrT Jabar, Sabtu (4/6/2022). (FOTO: Ageng)

    “Jadi saat saya terpilih sebagai ketua pada musorprovlub pada akhir 2021, langsung bekerja menyusun kepengurusan. 10 hari berikutnya, kita pun harus menggelar babak kualifikasi 5×5 dan Alhamdulillah bisa digelar dengan baik di lima wilayah. Dan sekarang, pelaksanaan pra event untuk bola basket 3×3,” kata Epriyanto saat memberikan sambutan dan membuka Pra Event Porprov XIV Jabar ‘3×3 Basketball Competition’ di GOR Laga Tangkas, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu (4/6/2022).

    Epriyanto berharap, gelaran ini bisa dijadikan ajang uji coba bagi setiap kota dan kabupaten dalam mempersiapkan tim untuk Porprov XIV Jabar. Selain itu, dari ajang ini pun diharapkan bisa muncul talenta-talenta atlet potensial baru di cabang bola basket 3×3.

    “Jabar masih menjadi salah satu barometer pembinaan olahraga bola basket di tanah air yang dibuktikan dengan masih adanya atlet asal Jabar di komposisi timnas bola basket Indonesia. Kegiatan ini pun diharapkan menjadi pemicu semangat para atlet untuk menjadi bagian dari tim nasional, tidak hanya di level Jabar saja,” kata dia.

    BACA JUGA: AHY-Anies Nonton Bareng Formula E di Ancol

    fokusjabar.id Perbasi bola basket 3x3
    Pertandingan di kelompok putri pada Pra Event Porprov XIV Jabar 3×3 Basketball Competition di GOR Laga Tangkas, SPOrT Jabar, Sabtu (4/6/2022). (FOTO: Ageng)

    Ketua Panitia Pelaksana Aris Suarna mengatakan, sebanyak 23 kota/kabupaten yang mengikuti pelaksanaan pra event dari total 27 pengcab Perbasi kota/kabupaten di Jabar. Empat daerah yang tidak mengirimkan atletnya yakni Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Majalengka.

    “Keempat kota dan kabupaten itu tidak bisa ikut dalam pra event karena beberapa kendala yang berbeda. Tapi dengan 24 kota dan kabupaten yang ikut serta, ini sudah cukup bagus meski tidak semuanya mengirimkan perwakilan di kelompok putra maupun putri,” kata Aris.

    Pada gelaran kompetisi sebagai ajang persiapan menuju Porprov XIV Jabar, lanjut Aris, diikuti oleh 38 tim putra dan putri. Dengan rincian, 21 tim bola basket 3×3 di kelompok putra dan 17 tim di kelompok putri.

    “Ajang ini menjadi syarat bagi setiap kota dan kabupaten untuk bisa tampil di ajang Porprov XIV Jabar karena di cabang bola basket 3×3 ini tidak digelar babak kualifikasi. Jadi kota dan kabupaten yang tidak mengirimkan perwakilan tim, baik putra maupun putri, pada 3×3 Basketball Competition ini berarti tidak bisa tampil di Porprov XIV Jabar pada November 2022 nanti,” Aris menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img