spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Kejuaraan Esport Piala Gubernur Jabar 2022 Ditutup Sekda, Kota Bekasi Raih Juara Free Fire

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim ESI Kota Bekasi tampil sebagai juara pada kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga Esports kategori game Free Fire. Kejuaraan ditutup secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar, Setiawan Wangsatmaja di gedung Youth Center, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (29/5/2022).

    Pada babak akhir, tim ESI Kota Bekasi berhasil meraih poin terbanyak yakni 90 poin dengan total kill sebanyak 46 dari enam match yang digelar. Tim ESI Kota Bekasi unggul atas tim Echo Ronin yang meraih 77 poin dengan total kill sebanyak 42.

    Peringkat ketiga diraih tim ESI Kabupaten Sukabumi (poin 73, 29 kill) dan tim Inastar Hazama (poin 61, 32 kill) di posisi keempat. Tim ESI Kota Bekasi pun berhak atas uang tunai sebesar Rp30 juta, Echo Ronin sebesar Rp25 juta, ESI Kabupaten Sukabumi sebesar Rp20 juta dan Inastar Hazama sebesar Rp15 juta.

    Di kategori game e-football PES 2021, juara pertama diraih Rizky Adimas Saputra usai mengalahkan peraih medali emas PON XX, Ferry Purnama Gumilang dalam pertandingan dengan sistem best of three. Pada pertandingan pertama, Rizky yang menggunakan tim Manchester United berhasil menang 2-1 atas Ferry yang menggunakan Bayern Muenchen.

    Namun di game kedua, Ferry menyamakan kedudukan menjadi 1-1 usai menang melalui drama adu penalti. Di laga penentuan, Ferry tidak mampu mempertahankan performanya sehingga kembali kalah atas Rizky dan skor akhir menjadi 2-1.

    Di kategori game e-football PES 2021 ini, pihak panitia mengambil delapan orang pemenang yang berhak atas hadiah uang tunai. Rizky sebagai pemenang pertama berhak atas hadiah uang tunai Rp10 juta dan Ferry harus puas membawa pulang Rp8 juta sebagai pemenang kedua.

    BACA JUGA: Lansia Tertinggi Di Indonesia Bupati Ade Tak Bisa Jawab

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar 2022 Esports
    Sekda Provinsi Jabar, Setiawan Wangsatmaja saat menutup kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabor esports di gedung Youth Center, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (2952022). (FOTO: Ageng)

    Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, olahraga esport lahir di tempat yang istimewa yakni Stamford University, California, Amerika Serikat. Hal ini menunjukkan jika olahraga ini melibatkan orang-orang yang memiliki intelektual, daya tahan, posisi tubuh, hingga kerjasama tim yang baik karena merupakan olahraga yang benar-benar taktikal.

    “Jadi yang hanya sekedar hobi dengan yang benar-benar berlatih akan berbeda. Mereka yang hadir di sini merupakan atlet yang sudah terlatih dan memiliki intelektual, daya kontrol, daya tahan, posisi tubuh hingga kerjasama yang baik. Selamat bagi yang sudah menjadi pemenang di setiap kategori game,” kata Setiawan.

    Selain itu, lanjut Setiawan, olahraga esport mampu melatih motorik halus seperti cabang olahraga catur dan bridge. Berbeda dengan olahraga yang benar-benar mengandalkan kekuatan fisik yang lebih banyak melatih motorik kasar.

    “Satu hal lain yang memberi kekhasan dari olahraga esport ini yakni mampu menghibur kita semua yang menonton. Terkait kalah dan menang, itu hal biasa dalam sebuah pertandingan olahraga,” dia menambahkan.

    Untuk itu, Setiawan berpesan kepada seluruh atlet yang ikut berpartisipasi dalam kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga esport terus mempertahankan dan meningkatkan kemampuannya. Pasalnya, masih ada beberapa even kedepan yang harus dihadapi para atlet.

    “Masih ada Porprov XIV Jabar, Asian Games dan PON XXI. Atlet-atlet esport ini akan jadi bibit untuk even-even tersebut, apalagi Jabar selalu berkontibusi pada gelaran SEA Games XXXI kemarin dan di PON XX tahun 2021 lalu di Papua,” kata dia.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar, Asep Sukmana mengatakan, kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga esport merupakan gelaran perdana dari tiga cabang olahraga yang akan menggelar kegiatan serupa. Yakni di cabang olahraga softball dan judo.

    “Kejuaraan Piala Gubernur Jabar merupakan bentuk kolaborasi antara Dispora Jabar, pengurus provinsi cabang olahraga dan KONI Jabar. Termasuk di Esport kali ini dengan ESI Jabar dan KONI Jabar,” kata Asep.

    Untuk kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahrag esport, kata Asep, merupakan pelaksanaan kejuaraan dengan hadiah terbesar sepanjang even ini digelar. Yakni mencapai Rp398 juta terbagi di lima kategori game yang dipertandingkan.

    “Kita berharap dari kejuaraan ini bisa memunculkan bibit baru atlet esport yang mampu mengharumkan nama Jabar di kancah nasional hingga internasional,” Asep menegaskan.

    Senada diungkapkan Ketua KONI Jabar, Ahmad Saefudin. Pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan kejuaraan Piala Gubernur Jabar yang diinisiasi Dispora Jabar.

    “Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik dengan pelaksanaan kejuaraan ini. Karena ini merupakan salah satu bentuk pembinaan di cabang olahraga agar proses regenerasi atlet terus berjalan dengan baik,” kata Ahmad.

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar 2022 Esports
    Para pemenang kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 kategori game e-football PES 2021. (FOTO: Ageng)

    Berikut Hasil Kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabor Esport

    Kategori Game Free Fire
    1. ESI KOTA BEKASI : Rp30 juta
    2. ECHO RONIN : Rp25 juta
    3. ESI KABUPATEN SUKABUMI : Rp20 juta
    4. INASTAR HAZAMA : RP15 juta

    Kategori Game Valorant
    1. HIKE DIGITAL : Rp30 juta
    2. PHENIX : Rp25 juta
    3. NARANTAKA : Rp20 juta
    4. BUTONG +4 : Rp15 juta

    Kategori Game PUBG Mobile
    1. MYRON IGNITE : Rp30 juta
    2. WOLF GANK MOIRA : Rp25 juta
    3. BNW 88 : Rp20 juta
    4. MYRON SOOFTY : Rp15 juta

    Kategori Game Mobile Legend: Bang Bang
    1. JORDAN LEGEND : Rp30 juta
    2. MADURA PRIME : Rp25 juta
    3. MYRON PRODIGY : Rp20 juta
    4. MAD IMMORTAL : Rp15 juta

    Kategori Game E-Footbal PES 2021
    1. RIZKY ADIMAS SAPUTRA : Rp10 juta
    2. FERRY PURNAMA GUMILANG : Rp8 juta
    3. RICKI AHMAD FIRMADI : Rp6 juta
    4. SETIA WIDIANTO : Rp5 juta
    5. GIAN LUGI KURNIAWAN : Rp3 juta
    6. OFIK HILMAN FAUZI : Rp2,5 juta
    7. YUDHA MAULANA : Rp2 juta
    8. RIO DWI SEPTIAWAN : Rp1,5 juta

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img