spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Peserta Piala Gubernur Jabar 2022 Cabor Esport Membludak, Ini Kata ESI Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Membludaknya jumlah peserta yang mengikuti kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga esport, disambut antusias Pengurus Provinsi (Pengprov) Esport Indonesia (ESI) Jawa Barat. Selain itu, kondisi ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi ESI Jabar.

    “Jumlah peserta sampai di angka tiga ribu lebih dan itu sangat luar biasa. Ini kejutan bagi kami sekaligus menjadi tantangan,” kata Ketua Harian ESI Jabar, M. Budhiana usai menghadiri pembukaan kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga esport di gedung Youth Center, SPOrT Jabar Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda Kota Bandung, Jumat (27/5/2022).

    Selain atlet esport asal pengcab-pengcab ESI Jabar, Budhiana mengatakan jika atlet yang ikut serta pun berasal dari luar Jabar. Diantaranya dari provinsi di Pulau Jawa dan Bali serta wilayah Sumatera dan Makassar.

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar 2022 Esport
    Gelaran pertandingan pada kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga Esports kategori game e-Football PES. (FOTO: Ageng)

    “Ini yang menjadi tantangan tersendiri buat kami di ESI Jabar, harus bisa membuktikan jika atlet esport Jabar bisa bersaing di kejuaraan ini,” kata dia.

    Budhiana mengatakan, ajang kejuaraan Piala Gubernur Jabar menjadi sebuah ajang pembinaan bagi atlet-atlet esport Jabar. Pihaknya pun akan melakukan pencarian bakat atau talent scouting atlet di kejuaraan yang digelar saat ini.

    “Tidak menutup kemungkinan akan ada atlet-atlet esport Jabar debutan di event ini. Karena event ini sifatnya terbuka jadi bisa mewakili pengcab, klub atau perorangan,” Budhiana menjelaskan.

    BACA JUGA: Piala Gubernur Jabar 2022 Cabor Esport Dibuka Asda, 3168 Atlet Ikut Serta

    Dengan hadirnya atlet-atlet dari luar Jabar di kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga esport, kata Budhiana, akan menjdi ujian bagi atlet asal Jabar. Artinya, jika atlet Jabar mampu unggul di kejuaraan ini membuktikan jikia mereka sudah sangat teruji.

    “Mudah-mudahan ada di lingkungan atlet-atlet pendatang baru. Artinya, kami ESI Jabar tinggal memupuk dan membina mereka menjadi atlet andalan Jabar di berbagai single even maupun multieven nasional dan internasional,” kata Budhiana.

    Sementara pertandingan di lima kategori game cabang olahraga esport sudah memasuki babak selanjutnya yang digelar secara onsite di gedung Youth Center, SPOrT Jabar Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda Kota Bandung. Sebelumnya, keempat kategori game yakni MLBB, Valorant, PUBG, dan Free Fire sudah menjalani babak penyisihan yang dilaksanakan secara online selama dua hari pada 25 dan 26 Mei 2022.

    fokusjabar.id Piala Gubernur Jabar 2022 Esport
    Gelaran pertandingan pada kejuaraan Piala Gubernur Jabar 2022 cabang olahraga Esports kategori game Valorant. (FOTO: Ageng)

    Mulai Jumat (7/5/2022), babak 64 besar untuk kategori game MLBB dan Valorant digelar secara offline atau onsite. Lalu Free Fire yang mulai menjalani babak 24 besar serta PUBG yang memulai pertandingan di babak 32 besar. Sedangkan kategori game e-footbal PES, sudah digelar secara ofline atau onsite sejak dari pertama kejuaraan digelar pada 25 Mei 2022.

    Total hadiah yang diperebutkan di lima kategori game mencapai Rp398 juta dan menjadi jumlah hadiah terbesar selama gelaran kejuaraan Piala Gubernur Jabar dilaksanakan. Kategori game MLBB, Valorant, PUBG dan Free Fire masing-masing memperebutkan total hadiah Rp90 juta dan PES memperebutkan total hadiah Rp38 juta.

    Untuk bisa menyaksikan pertempuran para atlet esport di ajang Piala Gubernur Jabar, bisa melalui live streaming di channel Youtube Dispora Jabar dan ESI Jabar serta melalui instagram ESI Jabar.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img