spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Wali Kota Bandung Akan Tetap Menggunakan Masker!

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Yana Mulyana memberi pendapat terkait kebijakan Presiden RI Joko Widodo perihal penggunaan masker yang diperlonggar.

    Menurutnya, kebijakan pemerintah pusat yang memutuskan melonggarkan kebijakan, dan mengizinkan masyarakat tidak menggunakan masker di ruang terbuka atau di area yang tidak padat, bukan berarti sudah lepas masker sepenuhnya.

    “Situasi sekarang, penyebaran Covid-19 kelihatannya sudah melandai. Terus ada imbauan juga dari Pak Presiden kalau di outdoor itu boleh tidak menggunakan masker. Tetapi saya sih, kelihatannya akan tetap menggunakan masker,” kata Yana di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Jabar Rabu (18/5/2022).

    BACA JUGA: Wali Kota Bandung Pastikan Persib Latihan Di GBLA

    Yana mengungkapkan, pada prinsipnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes). Dalam hal ini, kebijakan tersebut. Tentunya akan dikembalikan kepada pemerintah kota/kabupaten masing-masing.

    “Makanya kembali kepada masing-masing untuk melakukan pengawasan, utamanya di ruang-ruang publik setelah adanya kebijakan tidak menggunakan masker di ruang terbuka ini. Kalau kita, tetap mengimbau prokes, karena pandemi belum selesai,” ucapnya.

    Yana menjelaskan, saat ini situasi pandemi Covid-19 di Kota Bandung relatif terkendali, bahkan sudah masuk fase endemi jika mengukur dari sejumlah indikator.

    “Berdasarkan indikator yang ada dan proses vaksinasi di Kota Bandung sangat luar biasa. (Vaksinasi) Dosis pertama, 113 persen, dosis kedua sudah 103 persen dan dosis ketiga itu 34 persen. Saya baca dari badan kesehatan dunia (WHO), kalau satu wilayah proses vaksinasinya 100 persen itu secara teori pandemi Covid 19 di wilayah itu beralih menjadi endemi,” kata dia.

    BACA JUGA: Wali Kota Bandung Minta DKPP Perketat Jalur Lalu Lintas Hewan Ternak

    Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengumumkan pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka pada Selasa 17 Mei 2022. Namun, hal itu tidak berlaku di ruangan tertutup dan transportasi. Masyarakat harus tetap menggunakan masker.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img