spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Strategi Reformasi Birokrasi Jabar Melebihi Target

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sekda Provinsi Jawa Barat (Jabar), Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, capaian Indeks Reformasi Birokrasi (IRB) Provinsi Jabar untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 2018 – 2021 melebihi target di angka 78,68.

    Dia mengatakan, di Jawa Barat yang masih berada di atas 60 sebanyak 16 Kabupaten/Kota. Sisanya, 11 Kabupaten/Kota dibawah 60.

    Oleh karena itu, ada tiga hal yang perlu ditingkatkan. Yaitu, ASN harus profesional, kualitas pengadaan barang dan jasa dan kepatuhan terhadap standar pelayanan publik.

    BACA JUGA: Muscab Demokrat Garut ’Panas,’ Ini Pesan Sekretaris DPC

    Menurutnya, ada dua strategi yang dapat diselesaikan. Yakni, strategi penguatan sistem evaluasi, untuk perangkat daerah. Termasuk perangkat daerah di Kabupaten/Kota dan penguatan zona intregitas.

    jabar reformasi birokrasi fokusjabar.id
    Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja

    “Dua strategi ini yang harus kita bangun untuk Jawa Barat,” ungkap Sekda Jabar.

    Sekda Jabar juga mengatakan, capaian nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemprov Jawa Barat 2021 meningkat signifikan 85,01 dengan predikat A dari tahun 2020 (81,28). Meski begitu, masih terdapat 7 Kabupaten/Kota dengan nilai di atas 70 dan 20 Kabupaten/Kota di bawah 70.

    Oleh karena itu, sedikitnya tiga strategi dalam penguatan SAKIP 2022. Yaitu, membangun, menetapkan dan memanfaatkan logika kerangka kerja, membangun literasi sekaligus review arsitektur kinerja pemerintah daerah dan perangkat daerah berdasarkan PermenPAN RB No89 Tahun 2021 serta membangun literasi terhadap metode evaluasi SAKIP yang baru berdasarkan PermenPAN RN No88 Tahun 2021.

    Reformasi Birokrasi yang sedang berjalan di Jawa Barat akan berbanding lurus dengan adanya penyederhanaan struktur organisasi. Untuk fase pertama telah berhasil merampingkan sebanyak 7.334 fungsional yang terdiri dari 343 jabatan fungsional provinsi dan 6.991 jabatan fungsional di kabupaten/kota.

    BACA JUGA: Pesenam Rifda Irfanaluthfi Raih Medali Emas di SEA Games Vietnam

    “Untuk fase dua sebanyak 1.360 jabatan. Jadi kalau melihat dari target, kita ini melebihi 289 persen dalam penyelenggaraan birokrasi ini,” paparnya.

    (Budiana Martin/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img