BPC PHRI Pangandaran Bersih bersih Sampah Di Pantai

0
53
Fokusjabar.id Anggota BPC PHRI Pangandaran
Anggota BPC PHRI Kabupaten Pangandaran bersihkan sampah di pantai. (Foto: Agus)

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Pasca libur lebaran sampah menjadi permasalahan yang paling utama di Kabupaten Pangandaran terutama di objek wisata. Dengan keterbatasan pekerja Dinas LHK, BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran melakukan bersih – bersih sampah.

BPC PHRI Pangandaran beserta anggota melakukan bersih – bersih dari sekitaran bibir pantai pos 5 sampai pos 1 bibir pantai barat Pangandaran juga timur. Terlihat, sampah berserakan dimana – mana dari mulai sampah plastik, masker dan ada juga pampers.

Ketua PHRI Kabupaten Pangandaran, Agus Mulyana mengatakan, kegiatan ini suatu gerakan peduli sampah.

“Karena setelah liburan lebaran ini, banyak sampah  yang ditinggalkan oleh para wisatawan. Hal itu karena masih kurang kesadarannya para wisatawan dalam hal membuang sampah,” katanya Senin (9/5/2022).

BACA JUGA: Heboh Tiket Masuk Pangandaran Naik Rp95 Ribu Hingga Ditempel Stiker, Ini Kata Disparbud

Selain itu pihaknya membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran agar Pantai Pangandaran ini tetap bersih, indah dan nyaman.

“Kita membantu LHK dengan keterbatasan personilnya di lapangan, apalagi dengan kondisi sampah yang menggunung, perlu kerja sama yang baik dan kami harus peduli dengan sampah, siapa lagi kalau bukan kita yang peduli,” ujarnya.

Lanjut kata Agus, memungut sampah ini targetnya yaitu sampai diujung tol Pangandaran Sunset, dan hari ini baru di sekitaran cagar alam.

“Kita bantu, disepanjang pantai ini kita kumpulkan sampah dan kita simpan di spot-spot yang nanti bisa diangkut oleh mobil Dinas LHK,” katanya

Selain hari ini, kegiatan ini juga akan dilaksanakan kembali hari besoknya. Pihaknya masih tetap berpartisipasi dengan agenda yang dilaksanakan oleh Pemkab Pangandaran.

“Kami PHRI ini curi start karena memang sudah diagendakan dari jauh jauh hari. Jadi semua pengurus hotel sudah siap di hari sekarang,” kata dia.

BACA JUGA: Jelang Peringatan Kemedekaan Israel 14 Mei, MUI Serukan Baca Do’a Qunut Nazilah

Agus berharap, bagi para pengunjung agar selalu membuang sampah pada tempatnya yang sudah disediakan oleh Pemda Pangandaran.

“Kedepan mudah – mudahan wisatawan yang datang kesini sadar akan sampah dan tidak membuang sembarangan,” kata dia.

(Agus/Anthika Asmara)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini