spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Syarikat Islam Jabar Dorong Ridwan Kamil dan Anies Baswedan Jadi Pasangan Capres

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: DPW Syarikat Islam (SI) Jawa Barat mendukung Ridwan Kamil maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ada harapan Ridwan Kamil berduet dengan Anies Baswedan.

    Ketua DPW SI Jabar KH Nandang Koswara mengatakan, pihaknya mendukung dan memberikan dorongan bagi tokoh muda seperti Ridwan Kamil yang konsisten memperjuangkan sistem dan nilai Islam, Pancasila dan UUD 1945.

    Menurut Nandang, Ridwan Kamil tersebut memiliki kapasitas sebagai pemimpin muda yang dibutuhkan Indonesia di situasi sekarang ini. 

    BACA JUGA: 10 Provinsi Bakal Deklarasi Dukung Ridwan Kamil Maju Di Pilpres 2024

    Dalam beberapa kali diskusi, Nandang menilai Ridwan Kamil sudah menunjukan komitmen dan kebijakan yang memberikan berpihakan masyarakat adil dan makmur dan ekonomi masyarakat bingkai Islam, serta menjaga kelompok minoritas.

    “Tentu visi misi pak Emil (Ridwan Kamil) didukung walau masih dini. Tapi kita tetap memberikan dukungan melalui proses yang akan berjalan ke depan,” katanya usai silaturahmi DPW SI Jabar di Bandung, Minggu (8/5/2022).

    Bahkan agar bisa memenangkan Pilpres 2024 pihaknya berharap Ridwan Kamil bisa berduet dengan Anies Baswedan.

    “Jika Anies Baswedan berduet dengan Ridwan Kamil, kalau perhitungan manusia pasti menang. Mohon maaf agak vulgar tapi kita tidak basa-basi dalam hal itu,” katanya 

    Menurutnya kedua tokoh tersebut dinilai merupakan angkatan muda yang memiliki komitmen keberpihakan pada rakyat. Nandang juga mengakui harapan ini datang dari jamaah dakwah-dakwah yang sering digelar SI.

    “Anies dan Ridwan Kamil duet. Memang saat ini serba memungkinkan dengan siapapun. Tapi Syarikat Islam berharap, dari dakwah-dakwah kelompok kecil, kita berharap ada manuver ke arah situ (duet Anies-Ridwan Kamil). Tidak menjadi boneka oligarki. Kita ingin (pilihan) rakyat murni,” kata dia.

    SI Jabar sendiri menurutnya sebagai organisasi dagang Islam tetap berpegang pada regulasi dewan SI pusat untuk fokus mengedepankan dakwah ekonomi. 

    Namun tidak menutup pintu bagi para kadernya untuk berpolitik, salah satunya pihaknya mengizinkan Sekretaris DPW SI Jabar untuk bergabung dalam Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) yang menjadi motor relawan pendukung Ridwan Kamil.

    “GNIJ kami sangat mengapresiasi. Karena kondisi negara Kesatuan Republik Indonesia membutuhkan anak cerdas untuk memimpin negeri ini. Kita prihatin kondisi saat ini. Negara membutuhkan suplemen,” ujarnya.

    Di tempat yang sama, relawan Ridwan Kamil yang tergabung dalam Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) Jabar bersama DPW Syarikat Islam (SI) Jawa Barat secara khusus menggelar silaturahmi akbar sekaligus mendorong Ridwan Kamil maju dalam Pilpres 2024.

    “Ini bagian dari ikhtiar masyarakat Jawa Barat. Mendukung dan siap memenangkan Ridwan Kamil sebagai Presiden Republik Indonesia mendatang,” kata Sekretaris Wilayah SI Jawa Barat, Suhara Iskandar 

    Dia menjelaskan dukungan elemen masyarakat terhadap Ridwan Kamil untuk memimpin Indonesia terus mengemuka. Terlebih di Jawa Barat telah banyak prestasi dan inovasi yang ditorehkannya selama ini. 

    “Masyarakat menjagokan Kang Emil sebagai presiden, bukan tanpa alasan. Kepeduliannya atas pemberdayaan ekonomi umat jadi salah satu faktor pendukung,” kata dia.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil dan Anies Baswedan Sepakati 6 Isu Global Di Sherpa Meeting U20

    Suhara membeberkan program One Pesantren One Product_ (OPOP), Satu Desa Satu Hafizh (Sadesha), English For Ulama hingga penerbitan Perda Pesantren, menunjukkan keseriusan Ridwan Kamil dalam peningkatan kesejahteraan umat Islam.

    “Tidak banyak pemimpin yang menaruh perhatian besar dalam bidang keagamaan dan keumatan sebagaimana Kang Emil,” ucapnya.

    Ridwan Kamil merupakan pemenang Pilgub Jabar 2018. Sebelumnya, jebolan Arsitektur ITB itu mengemban amanah sebagai Wali Kota Bandung. Sederet terobosan dilakukan Ridwan Kamil selama memimpin.

    Berita Terbaru

    spot_img