spot_img
Jumat 12 Agustus 2022
spot_img
More

    Wagub Jabar Minta RSUD Antisipasi Lonjakan Covid-19 Pasca Lebaran

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Antisipasi lonjakan Covid-19 pasca hari libur lebaran Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meninjau langsung kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis, Sabtu (7/5/2022).

    Uu mengatakan, Bed Occupancy Rate (BOR) di tingkat provinsi sudah hampir nihil begitu juga di tingkat Kabupaten atau Kota.

    “Saya ditugaskan oleh Pak Gubernur untuk melihat kesiapan RSUD di Priangan timur menghadapi pasca lebaran tapi kami sebagai pimpinan punya feeling tidak ada lonjakan seperti tahun kemarin,” kata dia.

    BACA JUGA: Antisipasi Lonjakan COVID-19, Pemkab Ciamis Siapkan 128 BOR

    Kendati demikian persiapan harus dilakukan setiap RS di Daerah untuk menghadapi lonjakan Covid-19.

    “Namanya kehidupan suka tiba-tiba, mencegah lebih baik kata Pak Gubernur makannya setiap RS harus melakukan persiapan pencegahan lonjakan Covid-19, saya lihat di Ciamis sudah sangat siap sekali,” ujar Uu.

    Uu juga mengapresiasi rumah sakit di Ciamis yang sudah memisahkan perawatan umum dan perawatan Covid-19 begitu pula dengan tenaga kesehatannya.

    “Bukan menantang Covid-19, Walaupun sekarang masih kosong tapi tetap kami siapkan ini kebanggan untuk kami pimpinan provinsi bahwa di daerah sudah menyatakan siap,” kata dia.

    Sementara itu untuk isolasi mandiri di Kabupaten Ciamis saat ini sudah dipusatkan di tingkat Desa, Kelurahan dan Dinas Kesehatan. Banyak puskesmas yang melayani jika ada orang yang terkena gejala Covid-19 langsung ditangani tidak harus ke RS.

    BACA JUGA: Penumpang Bus Meningkat Di Terminal Tipe B Singaparna

    “Semuanya sudah dipersiapkan di puskesmas dari mulai oksigen dan yang lainnya, jadi tidak ada tempat isolasi ya disentralkan,” kata dia.

    (Fauza/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img