spot_img
Minggu 3 Juli 2022
spot_img
More

    Survei median: AHY dan Emil Masuk Lima Besar Capres 2024

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Hasil survei Median mencatat Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus H Yudhoyono (AHY) dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) masuk peringkat lima besar kandidat calon presiden pada Pemilu 2024.

    Direktur Eksekutif Median Rico Marbun mengatakan, berdasarkan pada pertanyaan tertutup, muncul 10 besar elektabilitas calon presiden.

    Survei yang digagas lembaga survei anggota Asosiasi Riset dan Opini Publik Indonesia atau Aropi itu mengambil data pada 1-7 Maret 2022 dengan melibatkan 1.200 responden yang memiliki hak pilih.

    AHY mendapat 5,1 persen, diikuti Emil berada di peringkat kelima dengan elektabilitas 3,8 persen. Sementara, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendapat 13,1 persen dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan 14,4 persen.

    BACA JUGA: Harga Pertamax Bakal Naik jadi Rp16 Ribu

    “Peringkat pertama Prabowo Subianto dengan 20,1 persen,” kata Marbun, seperti dilansir IDN.

    Sementara, pada pertanyaan tertutup untuk calon wakil presiden yang akan dipilih responden, Agus Yudhoyono mendapat angka 5,5 persen, Muhaimin Iskandar 5,3 persen, Airlangga Hartarto 4 persen, dan Susi Pudjiastuti 3,2 persen.

    Sedangkan, Ridwan Kamil berada di peringkat pertama dengan 5,8 persen.

    Kemudian, Direktur Eksekutif Instrat, Ridwansyah Y Achmad, menambahkan, hasil survei itu menunjukkan Ridwan Kamil berpotensi menjadi kandidat calon wakil presiden paling potensial dipilih masyarakat.

    Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diketahui mengunjungi Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, Selasa (29/3/2022).

    Pertemuan antara dua elite partai politik itu disebut-sebut menjadi sinyal kuat koalisi AHY dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam Pemilu 2024.

    Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, menilai pertemuan tersebut membuka peluang pembahasan strategi untuk maju dalam Pilpres 2024.

    Dia menilai kemungkinan dua kubu parpol tersebut bakal mengusung Anies untuk maju dalam Pemilu 2024 berdampingan dengan AHY.

    “Nasdem dan Demokrat tampaknya tak masalah mengusung Anies menjadi capres. Keduanya tinggal menyepakati siapa pendamping Anies sebagai cawapres, salah satunya tentu AHY sendiri,” kata Jamiluddin, Selasa (29/3/2022).

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img