spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Minyak Mahal, Kemenag Kota Banjar Gelar Festival Minyak Klentik

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Kemenag Kota Banjar menggelar festival minyak klentik di Wahana Situ Mustika Kota Idaman Jawa Barat. Rabu (30/3/2022).

    Festival tersebut merupakan salah satu rangkaian memperingati hari jadi Kota Banjar yang ke -19 dengan tema ‘Bangkit Bersinergi Sepenuh Hati’.

    Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana mengatakan, festival minyak klentik ini hadir dari ide gagasan di saat kondisi minyak goreng langka dan mahal.

    Untuk itu agar sesuai juga dengan tema Hari Jadi Kota Banjar ke-19 maka pihaknya ingin masyarakat juga bangkit dan tidak mengeluh dengan kondisi tersebut.

    BACA JUGA: HUT ke-18, PDAM Tirta Anom Banjar Bagi-bagi Hadiah

    “Kita harus mengembangkan potensi yang ada, masyarakat dulu sering menggunakan minyak klentik ini, jadi ketika tidak ada minyak dan mahal, kita ingin masyarakat berinovasi mengembangkan potensi ini,” kata Nana di lokasi kegiatan.

    Fokusjabar.id kemenag
    Para peserta atau tim yang mengikuti festival minyak keletik yang di gelar oleh Kemenag Kota Banjar, Jawa Barat. (Foto: Budiana)

    Nana mengatakan kegiatan ini diselenggarakan oleh pihak Kemenag dengan diikuti oleh 35 peserta atau tim dari OPD, Desa/Kelurahan dan umat beragama yang ada di wilayah Banjar.

    “Jadi selain menjawab kelangkaan dan mahalnya minyak, festival minyak klentik ini juga sekaligus menjaga dan menjungjung tinggi toleransi beragama,” kata dia.

    Dia berharap kegiatan ini bisa berjalan dan membangkitkan kemampuan nilai toleransi di Kota Banjar, Jawa Barat.

    Sementara itu Ketua Pelaksana Festival Minyak Klentik Imas Wahidah mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya pemerintah menghadapi kelangkaan dan mahanya harga minyak goreng.

    Dalam festival ini pihaknya menyiapkan berbagai hadiah untuk animo masyarakat supaya mau dan dapat mengembangkan potensi nene moyang terdahulu.

    “Kami akan menyiapkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp1 juta untuk juara pertama, juara 2 Rp700 ribu dan juara 3 sebesar Rp500 ribu,” kata dia.

    BACA JUGA: Persib Ingin Beckham Main di Laga Pamungkas Liga 1  

    (Budiana Martin/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img