spot_img
Kamis 18 April 2024
spot_img
More

    Wagub Jabar Launching BUMDes di Garut  

    GARUT,FOKUSJabar.id: Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana secara resmi membuka Gebyar Desa dan Launching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2022, Senin (28/3/2022).

    Acara yang digagas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat tersebut dipusatkan di Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja.

    Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan BUMDes yang tersebar di 42 kecamatan. Mereka menampilkan beragam produk olahan.

    bumdes fokusjabar.id
    Wagub Jabar

    BACA JUGA: Elon Musk Bakal Buat Sosial Media?

    Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, dengan tidak mengabaikan kota, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar menjadikan desa sebagai fokus perhatian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan memberdayakan BUMDes.

    “Giat hari ini adalah untuk membangkitkan gairah para Kepala Desa (Kades) untuk berinovasi berkolaborasi dengan cara digitalisasi,” kata Uu. 

    Menurut Uu, saat ini setiap desa memiliki potensi yang sangat luar biasa. Di antaranya di bidang pertanian, perikanan dan yang lainnya.

    Untuk itu, Dia berharap, masyarakat Garut yang sekolah di kota setelah lulus jangan kerja di kota.

    “Balik lagi ke desa untuk membangun desa sendiri,”  katanya.

    Kepala DPMD Provinsi Jabar, Dicky Saromi mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk menggebyarkan potensi dan keunikan desa sekaligus menjadikan desa sebagai barometer keberhasilan dalam membangun Jabar Juara.

    “Apa yang kita lakukan ini nanti akan terus dirangkaikan dengan kegiatan desa-desa lain yang ada di seluruh Jawa Barat. Pasalnya, masing-masing desa  memiliki keunikan dan potensi. Khususnya yang menjalankan ekonomi desa melalui BUMDes,” ungkapnya.

    Sekda Garut, Nurdin Yana menyampaikan bahwa salah satu  kreativitas yang dibangun BUMDes Barokah Jaya (Desa Wanajaya) membangun kolaborasi dengan beberapa instansi untuk memudahkan pelayanan. Di antaranya,  pembayaran pajak kendaraan.

    BACA JUGA: Akta Kelahiran Anak itu Penting, Ini Alasanya

    Nurdin berharap, kolaborasi tersebut dapat memberdayakan BUMDes sehingga akan lebih bermanfaat lagi untuk masyarakat.

    bumdes fokusjabar.id

    Kepala Desa Wanajaya, Iif Firman Nurdin mengatakan, BUMDes Barokah Jaya berdiri Agustus 2015.

    Hingga kini, sudah bekerja sama dengan beberapa instansi. Salah satunya, bank bjb Cabang Garut.

    (Andian/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img