spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Ridwan Kamil: KA Cibatu-Garut Percepat Pergerakan Manusia dan Barang

    BOGOR,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil (Emil) mengucapkan selamat kepada warga Kabupaten Garut, menyusul beroperasinya kembali Kereta Api (KA) komersial jalur Cibatu-Garut.

    “Selamat kepada warga Garut bisa menggunakan Kereta Api menuju Bandung dan Jakarta,” kata Ridwan Kamil di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Kabupaten Bogor.

    BACA JUGA: Pemkab Garut Usulkan 119 Ribu Set Top Box

    Ridwan Kamil mengatakn, beroperasinya KA jalur Cibatu-Garut, pergerakan manusia dan barang akan lebih cepat. Hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya perekonomian juga sebagai infrastruktur pendukung pariwisata di Kota Dodol.

    “Ini menandakan pergerakan manusia dan barang bisa lebih cepat dan bebas dari kemacetan,” ujar Ridwan Kamil.

    Bupati Garut, Rudy Gunawan

    Menurut Riwan Kamil, jalur KA Cibatu-Garut sempat berhenti beroperasi pada 1982. Jalur legendaris yang dibangun pada zaman kolonial Belanda sempat dirasakan oleh komedian asal Inggris, Charlie Chapline.

    Julukan Swiss van Java yang disematkan karena keindahan alam Garut. Kala itu menjadi magnet bagi siapapun untuk berkunjung.

    “Kini di sepanjang jalur tersebut masih bisa dinikmati indahnya hamparan sawah, pegunungan, lembah, sungai, kendati sudah tak seeksotis dulu,” kata Ridwan Kamil.

    Ridwan Kamil berharap, moda transportasi KA menjadi pilihan utama masyarakat seiring jalur lainnya yang akan direaktivasi dan pembangunan jalur baru.

    BACA JUGA: bank bjb Garut Gelar Talkshow “Pensiun Ok, Sehat Pasti”

    Transportasi berbasis kereta api selain efisien juga efektif menekan tingkat polusi dan kemacetan di jalur arteri.

    Sebelumnya FOKUSJabar mengabarkan, setelah berhenti beroperasi selama 40 tahun, jalur KA Cibatu-Garut Jawa Barat (Jabar) telah resmi dibuka untuk melayani masyarakat. 

    Kini, warga Garut yang hendak menuju Bandung dan Jakarta bisa menggunakan Kereta Api.

    Demikian dikatakan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Dia menyebut, kehadiran jalur KA Cibatu-Garut disambut antusias masyarakat. Sejumlah warga ikut dalam uji cobanya.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img