spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Jelang Ramadhan, Masyarakat Ciamis Gelar Ritual Misalin

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ratusan warga mengikuti ritual misalin di Situs Sanghiyang Ciptapermana Prabu Digaluh Salawe, Dusun Tunggulrahayu Desa Cimaragas, Kecamatan Cimargas Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Minggu (20/3/2022).

    Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis Erwan Darmawan mengatakan bahwa kegiatan Ritual Misalin biasa dilakukan menjelang bulan Ramadhan. Tahun ini sedikit berbeda, karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19, tetapi masih bisa dihadiri masyarakat.

    “Bedanya tahun ini digelar dengan protokol kesehatan yang ketat,” kata Erwan.

    BACA JUGA: Tradisi Misalin Digelar Secara Sederhana Warga Cimaragas, Ciamis

    Kendati begitu, kondisi tidak memengaruhi kesakralan dari ritual Misalin, seperti prosesi Jiarah di lokasi tempat asal mula Kerajaan Galuh berdiri, yakni Gara Tengah.

    “Tadi kami telah melaksanakan doa bersama memohon keselamatan kepada Alloh SWT,” kata dia.

    Misalin

    Budayawan Ciamis Aif Saipudin mengatakan bahwa Misalin adalah wujud pembersihan diri sebelum melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

    “Makna yang bisa diambil dari Ritual Misalin yaitu apa yang tidak baik ditahun kemarin harus bisa diubah menjadi baik di tahun ini,” kata Aif.

    Adapun prosesi adat Misalin dimulai pada malam hari dengan mengelar acara adat Salawe Damar kemudian dilanjutkan berziarah dan menggelar karasmen berbagai kesenian pada pagi harinya.

    “Dalam kegiatan budaya ini kami juga tidak melupakan membantu program pemerintah, yakni melakukan vaksinasi yang bekerjasama dengan Ormas GMBI Kabupaten Ciamis,” kata dia.

    (Husen Maharaja/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img