spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Rusia Blokir Instagram Gegara Dihujat Dunia

    RUSIA,FOKUSJabar.id: Rusia resmi memblokir instagram. Alhasil penduduk di negara itu tidak bisa lagi mengakses layanan sosial media itu.

    Pemutusan akses itu telah dilakukan sejak adanya unggahan di Ukraina yang mengatakan “Matilah Penjajah Rusia”.

    CNN Senin (14/3/2022) memberitakan, Sebelum resmi ditutup, regulator Rusia mengirimkan email dan meminta masyarakatnya memindahkan foto dan video mereka dari Instagram.

    Selain itu, pemerintah setempat juga mendorong warganya menggunakan “platfom internet kompetitif” milik negara itu.

    BACA JUGA: Senjata Laser Tercanggih di Dunia Bisa Hancurkan Pesawat Militer

    Kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan, pemblokiran tersebut akan mempengaruhi 80 juta pengguna di Rusia.

    Instagram bukan yang pertama diblokir di Rusia terkait perang dengan Ukraina. Sebelumnya, Facebook mengalami hal yang sama sebagai tindakan yang disebut sebagai pembatasan akses ke media ke negara itu.

    Meta, induk usaha Facebook dan Instagram, mengatakan perubahan kebijakan ujaran kebencian hanya berlaku di Ukraina. Ini terjadi setelah serangan Rusia ke negara itu sejak 24 Februari 2022 lalu.

    Meta berpikir salah jika mencegah masyarakat Ukraina “mengungkapkan perlawanan dan kemarahan mereka pada pasukan militer yang menyerang”. Namun kebijakan itu disambut kemarahan di Rusia.

    Otoritas setempat telah membuka penyelidikan kriminal pada Meta. Serta juga meminta jaksa mendesain raksasa teknologi tersebut sebagai organisasi ekstremis.

    Pesan dari Roskomnadzor mengenai izin untuk menyerukan kekerasan pada negara yang dipimpin Vladmir Putin disebut sebagai pelanggaran hukum internasional.

    Penutupan itu dikatakan sebagai cara memastikan kesehatan masyarakat. Serta bertujuan melindungi dari pelecehan dan hinaan yang ada di dunia maya.

    “Kami perlu memastikan kesehatan psikologis warga khususnya anak dan remaja, untuk melindungi mereka dari pelecehan dan hinaan online,” kata lembaga tersebut mengenai alasan penutupan Instagram, seperti dilansir CNBC.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img