spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Pilu, Nenek Sebatang Kara di Ciamis Tak Pernah Tersentuh Bansos Apapun

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Memilukan, di tengah maraknya pemberitaan terkait Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) seorang nenek sebatang kara yang tinggal di rumah kurang layak huni di Desa Mekarmulya, Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis tidak pernah mendapat Bantuan Sosial (Bansos).

    Informasi yang dihimpun, nenek tua itu bernama Imoh (80) yang kesehariannya hanya bekerja sebagai buruh serabutan. Ia mendadak1 menjadi perbincangan karena belum tersentuh sama sekali oleh bantuan dari Pemerintah.

    “Tahun 2020-2021 Desa Mekarmulya merupakan desa dengan jatah kuota Bantuan Sosial Tunai terbanyak di Ciamis, tapi mirisnya masih ada nenek tua yang belum pernah dapat bantuan, ia hanya bekerja sebagai serabutan dan tinggal di rumah yang kurang layak,” kata Thomas warga sekitar saat dikonfirmasi, Senin (7/3/2022).

    Menurutnya, bantuan yang di salurkan oleh pemerintah kurang tepat karena banyak yang mendapatkan bantuan bisa dikategorikan sebagai orang mampu.

    BACA JUGA: Kelelahan Antre BPNT, Lansia di Ciamis Pingsan

    “Bantuan nya salah sasaran masa ada yang sudah menyandang gelar Haji dan punya mobil mewah tetap dapat bantuan sementara janda tua umur 80 tahun yang kerja serabutan gak dapat,” ungkapnya.

    Menyikapi hal itu, Thomas berharap agar kedepannya nenek Imoh mendapatkan bantuan dan pendataan untuk penerima bantuan bisa lebih diperhatikan.

    Hal itu dibenarkan oleh aktivis pemerhati sosial politik, Ape dia mengatakan bahwa nenek Imoh tidak pernah mendapatkan satu pun program Bansos dari Pemerintah.

    “Dari banyaknya bantuan pemerintah seperti PKH, BPNT, Sapa warga, dan BLT DD nenek Imoh belum pernah terdata dan mendapatkan bantuan,” jelasnya.

    BACA JUGA: Pembukaan Munas IX AMPI di Gedung Merdeka, Emil: Harus Lahirkan Gagasan Besar bagi Bangsa

    Dia juga mengaku bahwa pernah menanyakan hal itu kepada pihak terkait akan tetapi, menurutnya, sampai saat ini belum ada tindakan untuk mengatasi masalah ini.

    “Saya pernah mengusulkan masalah ini ke Dinas Sosial tetapi dari pihak dinsos mengatakan pendataan ini mucul dari desa,” pungkasnya.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img