spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Pembukaan Munas IX AMPI di Gedung Merdeka, Emil: Harus Lahirkan Gagasan Besar bagi Bangsa

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mewanti-wanti bagi setiap kader Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI) untuk melahirkan gagasan besar bagi bangsa dan negara usai menggelar pembukaan musyawarah nasional (Munas) ke-9 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (6/3/2022).

    Gubernur yang akrab disapa Emil ini mengatakan, Gedung Merdeka merupakan salah satu gedung paling bersejarah di Kota Bandung, Jabar. Keberadaan Gedung Merdeka di pusat Kota Bandung sangat istimewa dengan melahirkan berbagai semangat perjuangan melawan kolonialisme. Tidak hanya bagi bangsa Indonesia, tapi juga bagi negara-negara Asia Afrika.

    “Di gedung ini lahir Dasasila Bandung pada tahun 1955 sebagai suara negara Asia Afrika dalam memerangi kolonialisme. Jadi kalau AMPI sudah memilih gedung ini sebagai lokasi pembukaan munas, maka jangan hanya besar volume suaranya tapi harus mampu melahirkan gagasan besar bagi bangsa dan negara,” kata Emil usai menghadiri pembukaan Munas IX AMPI 2022 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (6/3/2022).

    Orang nomor satu di Jabar ini pun menyampaikan beberapa pesan bagi para pemuda kader AMPI. Salah satunya harus mampu menjadi generasi yang memberi manfaat sebesar-besarnya bagi lingkungan sekitar dan bangsa Indonesia.

    “Panggung kehidupan itu banyak, tapi yang paling penting jadilah manusia yang berguna bagi bangsa dan negara,” kata Emil.

    BACA JUGA: Wakili Jokowi Buka Munas IX AMPI 2022, Ini Pesan Menpora Amali

    Emil mengatakan, Jabar merupakan provinsi progresif yang setiap hari mempersiapkan diri menghadapi tiga disrupsi. Salah satunya disrupsi digital dengan menyiapkan berbagai inovasi-inovasi.

    “Kader AMPI pun harus mampu menjawab disrupsi digital ini, salah satunya dengan menggunakan media sosial denganm bijak. Jangan pemuda ini bertengkar dengan hal-hal sepele di medsos, jadilah pemuda yang peduli bukan pembully,” Emil menuturkan.

    Meski demikian, Emil memberi apresiasi tinggi dan bangga dengan pelaksanaan pembukaan Munas IX AMPI 2022 yang digelar di Gedung Merdeka. Pasalnya, acara pembukaan digelar dengan sangat kreatif dan luar biasa.

    “Jadi tidak salah sebagai Gubernur Jabar saya mengizinkan AMPI menggunakan Gedung Merdeka sebagai lokasi pembukaan munas. Acara pembukaan ini sangat kreatif dan luar biasa serta bisa mewakili zamannya tanpa kehilangan roh kebangsaan. Semoga munas berjalan lancar dan melahirkan pemimpin terpilih secara musyawarah mufakat yang mampu membawa AMPI ke depan lebih baik,” kata Emil.

    Munas IX AMPI 2022 yang mengangkat tema ‘Muda Karya Raya, Indonesia Jaya’ dibuka secara resmi oleh Menpora Zainudin Amali di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Minggu (6/3/2022). Dilanjutkan dengan pelaksanaan sidang di Hotel Pullman hingga Rabu (9/3/2022).

    Agenda utama dari pelaksanaan munas yakni pemilihan ketua umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) organisasi pemuda sayap Pertai Golkar tersebut untuk periode 2022-2027. Terdapat tiga nama yang maju sebagai calon ketua umum yakni incumbent Dito Ariotedjo, Evandra Subagyo, dan Adam Irham Chatib.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img