spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    bank bjb Siap Menuju ‘Elite Bank’ dengan Super Apps’

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Berbagai inovasi digital yang dilakukan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) diyakini mampu melahirkan aplikasi super bjb DIGI.

    Demikian disampaikan Dirut bank bjb Yuddy Renaldi menyusul cita-cita bank bjb untuk menjadi elite bank pada 2025 sebagaimana tertuang dalam corporate plane.

    “In Sya Alloh ke depan seluruh aplikasi ini akan menjadi satu kesatuan dalam super apps yang hadir memenuhi seluruh kebutuhan dalam satu aplikasi saja,” kata Yuddy.

    Pencanangan tersebut pun sempat singgung saat perayaan HUT ke-60 bank bjb. Di mana jajaran direksi memantapkan agar perseroan melahirkan berbagai inovasi produk yang memudahkan kehidupan masyarakat.

    app bjb
    bank bjb siap menuju elite bank dengan super apps (ist)

    BACA JUGA: bank bjb Teken 2 MoU di Bidang Pelayanan Jasa Perbankan

    “Salah satunya yakni pengembangan produk digital banking yang disesuai dengan kemajuan zaman, sehingga menjadi bagian tak terpisahkan dari dinamika kehidupan masyarakat,” kata Yuddy.

    Sejauh ini, kata dia, bank bjb telah melakukan berbagai inovasi berupa new digital payments, seperti DIGI dan DigiCash by bank bjb. Kemudian softlaunching kolaborasi bank bjb dengan financial technology (fintech) e-commerce bernama E-Pays.

    New digital ini diluncurkan untuk mengoptimalkan layanan digital bank bjb kepada masyarakat serta pemerintahan daerah. Tidak hanya itu, bank bjb pun bekerjasama dengan lembaga fintech berkomitmen membangun ekosistem digital yang lebih massif.

    “Inovasi dan kolaborasi ini kunci memenangkan persaingan ke depan. Sehingga dukungan layanan digital yang selama ini telah dilakukan perlu dioptimalkan.

    Terlebih terdapat pula kemudahan pembayaran melalui layanan digital bank bjb, yakni melalui mobile banking, QRIS, uang elektronik, virtual account, internet banking corporate, Agen Laku Pandai dan produk lainnua,” kata Yuddy.

    Bank bjb, kata Yuddy, perlu berinovasi dan bertransformasi agar bisa bersaing di industri perbankan. Di era digila seperti ini, kolaborasi diyakini menjadi satu hal yang harus dilakukan dalam mencapai visi dan misi perusahaann.

    Tahun lalu (2021), perseroan melakukan berbagai inovasi dan pengembangan digitalisasi yang berdampak pada pendapatan fee based income yang naik signifikan.

    “Tak terkecuali dari kanal-kanal atau layanan digital yang semakin digandrungi. Ini tidak terlepas dari semakin luasnya ekosistem digital bank bjb yang tumbuh sepanjang 2021. Bahkan pengguna aplikasi mobile bjb DIGI tumbuh eksponensial,” kata dia.

    QRIS merchant bank bjb pun terus tumbuh positif. Begitupun dengan pengembangan terhadap pemberian fasilitas kredit berbasis digital melalui aplikasi Loan on Boarding.

    Aplikasi itu seperti bjb Laku untuk segmen UMKM dan Kredit Mesra dan Kredit Usaha Rakyat (KUR), bjb Koin untuk pembiayaan segmen konsumer ASN, serta pengembangan aplikasi pada segmen lainnya.

    “Hal ini mendorong percepatan pertumbuhan ekspansi bisnis bank,” kata Yuddy.

    Sementara itu, Direktur Information Technology, Treasury and International Banking bank bjb Rio Lanasier mengatakan, bank bjb tidak pernah berhenti melakukan penguatan digitalisasi dan melahirkan produk baru digital.

    Bahkan bank bjb meluncurkan sejumlah inovasi baru terkait pembayaran digital pada 2021. Hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan layanan digital.

    Beberapa di antaranya, yakni fitur new DIGI dan DigiCash serta peresmian kolaborasi dengan fintech e-commerce yang diberi nama E-pays.

    Menurut Rio, new digital payments memberikan kemudahan dalam bertransaksi melalui uang elektronik DigiCash yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan transaksi digital.

    Rio mengatakan bahwa bank bjb memegang komitmen untuk terus melakukan inovasi teknologi sesuai dengan kapasitas sebagai lembaga jasa keuangan dengan semangat terus bertansformasi dan berinovasi menjadi penggerak dalam berkontribusi menghadirkan kemajuan di seluruh penjuru negeri.

    “Inovasi dan kolaborasi menjadi kunci memenangkan persaiangan ke depan. Maka dukungan layanan digital terus diopdtimalkan,” kata Rio.

    Di tengah keterbatasan aktivitas masyarakat, layanan digital bank bjb justru mencatatkan pertumbuhan kinerja di masa pandemi. Aplikasi mobile banking bjb DIGI berhasil tumbuh signifikan pada periode Desember 2020 hingga Juni 2021.

    Dalam kurun waktu tersebut, pertumbuhan user bjb DiGi tercatat mencapai 121,2 persen. Pertumbuhan tersebut diprediksi akan terus melesat seiring peningkatan fitur layanan digital banking bank bjb.

    Penghargaan

    Bank bjb meraih penghargaan prestisius kategori KPR Bank Umum Konvensional dalam ajang 10 Infobank Digital Brand Awards 2021untuk produk unggulan bank bjb KPR.

    KPR itu berupa fasilitas kredit pemilikan rumah kepada calon debitur perorangan untuk membeli rumah tapak, apartemen, ruko, rukan dan lainnya baik baru maupun bekas dari pengembang atau perorangan.

    “Bank bjb KPR juga bisa digunakan untuk merenovasi dan membangun rumah, take over serta top up KPR,” kata dia.

    Di Kabupaten Cirebon, bank bjb mengantarkan daerah tersebut menuju smart city.Digitalisasi dan elektronifikasi pelayanan publik menjadi salah satu keniscayaan yang dihadirkan kemajuan teknologi.

    Pemerintah sebagai agen utama pelayanan publik harus mampu menyesuaikan diri dengan derap langkah dan perubahan zaman.

    Salah satunya dengan implementasi secara bertahap konsep smart city yang turut dicirikan pemanfaatan perangkat elektronik dan digital sebagai solusi bagi peningkatan kualitas pelayanan publik.

    Pemkab Cirebon menyadari pentingnya langkah adaptasi menuju pelayanan publik terdigitalisasi itu.

    Hal itu terbukti dengan telah dilaksanakannya pengaplikasian teknologi digital secara bertahap di berbagai bidang untuk memenuhi kebutuhan pelayanan publik.

    “Langkah ini dilakukan melalui rangkaian kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan bank bjb,” kata dia.

    Secara rinci, layanan QRIS bank bjb yang telah diimplementasikan sebagai alat bayar digital hadir di beberapa tempat. Saat ini, fitur itu telah berjalan di tujuh titik pasar untuk pembayaran retribusi pasar, empat Puskesmas, tempat parkir, terminal, dan pembayaran sejumlah BUMDes Smart.

    Dalam waktu dekat ini, bank bjb siap melakukan aksi korporasi di kuartal pertama 2022 berupa rights issue. Hal itu dilakukan untuk mendukung ekspansi kredit perseroan tahun ini.

    Skema rights issue merupakan langkah tepat untuk memperkuat permodalan perusahaan, sehingga bisa meningkatkan kemampuan penetrasi kredit perusahaan pada tahun ini.

    Rencananya, saham baru yang akan dilepas dalam rights issue bank bjb sebanyak-banyaknya 925 juta lembar saham seri B atau setara dengan sebanyak-banyaknya 9,40 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan.

    Rencana rights issue ini telah disetujui dalam RUPS Tahunan pada 6 April 2021. Seluruh dana rights issue setelah dikurangi dengan biaya emisi itu akan digunakan seluruhnya untuk memperkuat struktur permodalan dalam rangka ekspansi kredit perseroan.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img