spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Antisipasi Lonjakan Omicron Kota Bandung Lakukan Ini

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana telah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan COVID-19 Omicron. Salah satunya dengan penambahan tempat tidur di sejumlah rumah sakit.

    Berkaca dari lonjakan kasus Delta beberapa waktu lalu, maka langkah ini dilakukan. Dia berharap Omicron di Kota Bandung tidak menyebar luas, terlebih tren Omicron tengah meningkat.

    BACA JUGA: Virus B.177 Lebih Cepat Menular Hingga 70 Persen

    “Kalau Delta tingkat keparahannya tinggi, penyebaran nggak massif dan cepat. Berbeda dengan Omicron yang penyebarannya cepat meski tingkat kefatalannya tidak. Kita tetap mempersiapkan fasilitas kesehatan, bahkan hingga 700 tempat tidur,” kata Yana di TSM, Jalan Gatot Subroto Kota Bandung, Senin (24/1/2022).

    Kendati begitu dia berharap penambahan tempat tidur itu tidak sampai digunakan. Mengingat saat ini tingkat keterisian tempat tidur hanya 5 persen.

    “Memang IRT reproduksi virusnya kita di angka 1 koma sekian, seharusnya dibawah 1 tapi tetap waspada,” kata dia.

    Yana juga tengah mengkaji penerapan work from home (WFH) dan pembatasan hingga penutupan tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan keramaian, dan bisa menyebarkan virus lebih cepat.

    “Sementara kita lihat dulu. Saat ini sedang melakukan pemulihan ekonomi pasca-pandemi, kita juga hati-hati. Kita siap ngerem, tapi sementara lewat pengawasan. Jadi, tetap kita selalu mengingatkan protokol kesehatan karena itu untuk kebaikan kita bersama,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img