spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Honorer PNS Bakal Dihapus di Kementrian dan Lembaga

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Pemerintah berencana menghapus tenaga honorer pada Kementerian/Lembaga (K/L). Diharapkan tahun 2023 tidak ada lagi pegawai honorer di K/L.

    Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengatakan, nantinya honorer ini akan diganti pihak ketiga dengan sebutan pekerja outsourcing

    “Diganti outsorcing,” kata Satya Pratama, Jumat (21/1/2022).

    BACA JUGA: Arteria Dahlan Minta Maaf Kepada Masyarakat Sunda

    Dia mengatakan, saat ini tenaga honorer di K/L sudah banyak digantikan dengan pekerja outsourcing. Seperti satpam, supir hingga tenaga administrasi.

    “Saat ini rata-rata tenaga pengemudi, satpam, kurir, petugas kebersihan, pramubakti, sekretaris, administrator sudah outsorcing (PPNPN),” kata dia, seperti dilansir CNBC.

    Dengan perubahan ini, nantinya pegawai yang ada di K/L hanya akan ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga outsourcing.

    Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, memastikan tidak ada lagi tenaga kerja honorer di instansi pemerintah mulai 2023.

    Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Dalam aturan ini, pegawai non-PNS di instansi pemerintah masih tetap melaksanakan tugas paling lama lima tahun saat peraturan tersebut berlaku atau 2023.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img