spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    18 Rumah di Tasikmalaya Rusak Diterjang Hujan Es

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Akibat diguyur hujan deras disertai es dan angin kencang, sedikitnya 18 rumah milik warga Desa Janggala dan Sirnajaya Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) rusak, Senin (27/12/2021).

    Delapan rumah di antaranya berada di Desa Janggala mengalami kerusakan cukup berat di bagian atap akibat tersapu angin dan tertimpa pohon.

    Sedangkan 10 rumah lainnya di Desa Sirnajaya mengalami kerusakan yang sama akibat bencana serupa.

    BACA JUGA: Bupati Garut Resmikan Gedung Diskop dan UKM

    Selain pohon, sapuan angin kencang itupun merobohkan papan reklame besar di Desa Janggala, hingga menutupi seluruh badan jalan.

    Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetya mengatakan, hingga saat ini timnya terus melakukan asesmen dan berkoordinasi dengan aparatur Desa Janggala, Desa Sirnajaya, TNI/Polri dan Dinas Sosial PPKBP3A Kabupaten Tasikmalaya.

    “Yang diketahui baru ada di Kecamatan Sukaraja. Akibat cuaca extrem yakni hujan dengan intensitas tinggi disertai dengan angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon dan reklame tumbang di Desa Janggala. Kita masih terus melakukan asesmen di lapangan terkait banyaknya laporan masyarakat,” terang Jembar.

    Masih di Kecamatan Sukaraja lanjut Jembar, cuaca extrem juga menyebabkan terjadinya hujan es berukuran sebesar kelereng.

    “Iya ada hujan es di Sukaraja dan bahkan ada laporan di Kecamatan Tanjungjaya juga turun hujan es. Kita masih lakukan pengecekan,” ujar dia.

    Sementara itu, anggota Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Erwin Softi Hardiana menyebutkan, ada laporan dimana salah seorang warga Kampung Cigarukgak Desa Sirnajaya, Masduki (76) mengalami luka bakar cukup dalam di bagian tangan akibat tersengat aliran listrik.

    “Informasi yang kami dapatkan, kronologis kejadian tersebut, disaat hujan besar dan angin kencang, tiba-tiba tiang antena TV miliknya patah karena sapuan angin, kemudian menimpa ke kabel arus listrik. Akibatnya, TV mengeluarkan asap dan korban mencoba mencabut kabel TV dari colokan listrik,” terang Erwin.

    BACA JUGA: Ruang Kelas SDN 2 Cimaragas Ciamis Ambruk

    Ditambahkan, korban mengalami luka bakar di beberapa bagian tubuh, terutama tangan.

    ” Korban dilarikan ke rumah sakit swasta di wilayah Kota Tasikmalaya,” ucap dia.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img