spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Penjualan Minyak Goreng Curah di kota Bandung Tetap Diawasi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) secara resmi telah membatalkan terkait dengan pelarangan penjualan minyak goreng curah yang mulanya akan diberlakukan pada 1 Januari 2022 mendatang.

    Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, pihaknya akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat terkait dengan dibatalkanya larangan penjualan minyak goreng curah.

    Menurutnya, pembatalan tersebut sesuai dengan berbagai pertimbangan bahwa peredaran minyak goreng curah sebetulnya sangat dibutuhkan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

    “Mungkin dari berbagai pertimbangan, dengan berbagai alasan juga, bahwa masih dibutuhkan oleh pelaku UMKM untuk minyak goreng curah ini karena harganya lebih murah. Jadi Pemerintah Pusat membatalkan hal tersebut,” kata Elly saat dihubungi Senin (13/12/2021).

    BACA JUGA: Bansos UMKM Kota Banjar Cair Bulan Ini

    Meski begitu, pihaknya mengaku akan melakukan pengawasan terhadap penjualan minyak goreng curah di beberapa pasar di Kota Bandung.

    “Tetapi karena adanya pembatalan ini, kita akan lihat lagi,  tetap kita juga akan mengawasi di lapangan, tetapi tidak dilarang untuk beredar,” ucapnya.

    Elly menambahkan, saat ini, stok minyak goreng di Kota Bandung aman. Hanya saja, harga jual dipasaran masih terbilang tinggi.

    BACA JUGA: Yana Mulyana Resmi di Tunjuk Jadi Plt, Wali Kota Bandung Pengganti Oded M Danial

    “Stok masih aman, cuman harga saja yang masih naik. Jadi biasanya kalau hukum dagang itu kan kalau pasokan kurang harga pasti naik, tetapi kalau minyak ini sangat unik, karena stoknya aman tapi harga naik. Nah itu karena harga minyak mentah dunianya mengalami kenaikan, dan harga di dalam negeri juga mengalami hal serupa (naik). Jadi meskipun stok aman harga ikut naik,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img