spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Harga Cabe Rawit di Pasar Ciamis Melambung, Pedagang Bingung

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Harga Cabe Rawit Domba yang dijual sejumlah pedagang Pasar Manis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dalam satu pekan ini harganya melambung tinggi mencapai Rp 80 ribu per kilogram.

    Menurut salah seorang pedagang di Blok B Pasar Manis Ciamis, Dodi, melambungnya harga cabe rawit domba dipicu langkanya komoditas tersebut di para petani sebagai dampak musim hujan.

    “Cabe rawit domba yang ada di petani banyak yang busuk akibat hujan sehingga stoknya menipis,” kata Dodi, Jumat (10/12/2021)

    Karena stok di petani menipis sedangkan permintaan pasar cukup banyak, lanjut Dodi, tak heran harganya menjadi sangat mahal.

    BACA JUGA: Wakil Bupati Ciamis Menyayangkan Kuota PPPK Tidak Bisa Ditambah

    “Minggu kemarin mah harga cabe rawit domba ini hanya Rp 20 ribu per kilogram,” kata dia.

    Akibat melambungnya harga cabe rawit domba tersebut, Dodi mengaku, omset penjualan pun sangat menurun drastis dibandingkan saat harga masih Rp20 ribu per kilogram.

    “Saat harga cabe rawit ini murah, dalam satu hari bisa menjual sampai 10 kg. Namun hari ini, 1 kg pun sangat sulit karena sepi pembeli,” Dodi menuturkan.

    Sementara salah seorang pedagang sayur keliling, Kayah (47) mengatakan, dengan mahalnya harga cabe rawit domba, diatidak menyediakannya saat ini. Pasalnya, dia tidak mampu untuk membelinya karena kekurangan modal.

    “Memang yang membutuhkan cabe rawit domba itu cukup banyak namun karena mahal, saya tidak menjualnya karena kurang modal untuk membelinya,” kata Kayah.

    BACA JUGA: Atalia: Hukum Pemerkosa Santriwati, Jangan Sudutkan Korban

    Pedagang bakso, Mas Harno pun mengaku bingung dengan mahalnya harga cabe rawit domba saat ditemui FOKUSJabar.

    “Biasanya, saya menyediakan bumbu pedas menghabiskan 1 kg cabe rawit untuk memuaskan para pelanggan namun karena saat ini harganya sangat tinggi saya bingung juga menyiasatinya,” kata Harno.

    (Husen Maharaja/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img