spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Buka Jabar Motekar di Yogyakarta, Emil: Awal Semangat Kebudayaan

    YOGYAKARTA,FOKUSjabar.id: Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Emil) bersama Ketua DPP PUTRI Daerah Istimewa Yogyakarta, G.K.R Bendara membuka Jabar Motekar: Pameran Ridwan Kamil dan Industri Kreatif Jabar di Jogja Museum Nasional, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Rabu (1/12/2021).

    “Mengawali sebuah semangat kebudayaan, yang menurut saya, harus rutin dipupuk. Juga saya bahagia karena agendanya bukan COVID-19. Soalnya, satu setengah tahun, kami kepala daerah, termasuk Sri Sultan, setiap hari mengurus cuma satu agenda, COVID-19,” kata Kang Emil.

    Dalam Jabar Motekar, Emil memamerkan lukisan hasil karyanya selama pandemi Covid-19. Selain itu, produk-produk ekonomi kreatif (ekraf) Jabar dipamerkan di Jogja Museum Nasional selama sepekan, dari 1-7 Desember 2021.

    BACA JUGA: Coletot, Kuliner Fusion Khas Jabar-Yogyakarta

    Emil pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) DI Yogyakarta yang aktif membangun kolaborasi untuk menggairahkan kembali sektor pariwisata dan kebudayaan di tengah pandemi Covid-19.

    “Saat Covid-19 surut, bisa melakukan hal produktif seperti ini, itu kebahagiaan lahir batin yang luar biasa. Karenanya, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemda DI Yogyakarta yang sudah aktif berkolaborasi. Karena kreativitas itu perlu interaksi, saling lihat, saling rekam, saling terinspirasi,” kata dia.

    Selain itu, Emil berharap dengan adanya kolaborasi tersebut, hubungan Jabar-Yogyakarta semakin erat dan hangat.

    “Kami di sini juga membawa produk-produk kreatif dan sebagiannya karya pribadi saya. Karena jadi manusia itu multidimensi. Apakah karena gubernur hanya mengurusi tanda tangan, urusan politik. Di balik itu, saya manusia juga yang punya ekspresi, punya rasa,” katanya.

    Selain membuka Jabar Motekar, kunjungan Emil ke DI Yogyakarta sendiri untuk memenuhi undangan dari Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X.

    Ketua DPP PUTRI DI Yogyakarta, G.K.R Bendara mengatakan, kolaborasi tersebut dapat meningkatkan daya saing produk-produk ekraf Jabar dan Yogyakarta.

    “Tentunya kolaborasi lintas provinsi ini bisa sangat meningkatkan daya saing, daya jual dari ekraf kita,” kata dia.

    Sebelumnya, Pemda Provinsi Jabar sudah berkolaborasi dengan Pemda Provinsi Bali dan Pemda Provinsi Lombok. Kolaborasi itu menjadi wujud keberpihakan kepada UMKM wilayah lain di masa pemulihan ekonomi sekaligus menjadi ajang kolaborasi para UMKM.

    BACA JUGA: Motekar untuk Ketahanan Keluarga

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img