spot_img
Senin 17 Januari 2022
spot_img

Cegah Varian Omicron, 11 Negara ini Dilarang Masuk Indonesia!

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Pemerintah resmi melarang sejumlah negara dari Benua Afrika untuk masuk Indonesia demi memutus penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Daftar negara Afrika yang dilarang yakni Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, dan Zambia.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, selain negara Afrika, Hong Kong juga dilarang masuk Indonesia.

BACA JUGA: Luhut Sebut Covid-19 Varian Omicron Bisa Hindari Antibodi dari Vaksin

“Kita juga melihat risikonya ke Indonesia. Di negara-negara yang sudah terkonfirmasi, ada yang paling banyak penerbangan ke Indonesia adalah Hong Kong, Italia, Inggris, baru Afrika Selatan,” kata Luhut, Minggu (28/11/2021).

Luhut menyebut, larangan masuk ke Indonesia mulai berlaku pada Senin 29 November 2021. Sementara, bagi Warga Negara Indonesia (WNI) berasal dari negara yang dilarang diizinkan masuk. WNI akan dikarantina selama 14 hari dari negara yang dilarang masuk Indonesia.

Infeksi Covid-19 di Afrika Selatan melonjak drastis dalam beberapa pekan terakhir, bersamaan dengan temuan varian yang kini dinamai sebagai Omicron.

“Varian ini mempunyai mutasi yang banyak, yang beberapa di antaranya mengkhawatirkan. Bukti awal memperlihatkan bahwa varian ini memiliki risiko infeksi berulang yang tinggi, jika dibanding dengan (varian yang diwaspadai) lainnya,” kata WHO.

(Agung)

Berita Terbaru

spot_img