spot_img
Jumat 26 November 2021
spot_img
spot_img

Ini Cerita Dokter Tim Persib Saat Bantu Pemain Persiraja Pingsan di Lapangan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim medis Persib Bandung, mendapat penilaian positif dari publik lantaran kesigapannya memberikan pertolongan kepada pemain Persiraja Banda Aceh, Ramadhan saat pekan ke-13 kompetisi BRI Liga 1 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/11/21) lalu.

Saat itu, Ramadhan yang terjatuh usai terkena bola di bagian perutnya sedang ditangani oleh tim medis Persiraja. Namun melihat kondisi pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut tidak sadarkan diri, tim medis Persib dengan sigap bergegas ke lapangan untuk memberikan bantuan.

Dokter tim Persib, Raffi Ghani mengatakan, tindakan yang dilakukan untuk membantu tim medis Persiraja merupakan spontanitas.

persib fokusjabar.id
Raffi Ghani (FOTO: persib.co.id)

BACA JUGA: Persib Raih Poin Penuh Usai Tekuk Persiraja 4-0

“Alhamdulillah, kemarin tuh gini, itu mah hanya spontanitas karena pada saat saya lihat kejadian di lapangan pemain Persiraja, Ramadhan tidak bergerak. Jadi saya spontanitas membantu. Meski di sana memang sudah ada tim medis dari Persiraja,” kata Raffi Ghani.

“Saya cek nadinya, dan detak nadinya cepat kemudian jantungnya berdebar. Nah waktu itu kesadarannya mulai menurun, setelah itu saya coba observasi dan saya siap-siap melakukan resusitasi jantung-paru, pompa,” ungkapnya.

persib fokusjabar.id
Kondisi Ramadhan membaik (foto web)

“Takutnya kan jantungnya berhenti, jadi saya sudah bersiap melakukan resusitasi. Dan setelah saya datangani keadaan nadinya masih berdetak, kemudian saya kasih rangsang nyeri supaya kesadarannya kembali,” ucap Raffi menambahkan.

Raffi menuturkan, setelah diberi pertolongan dan kondisi Ramdhan mulai membaik, tim medis akhirnya membawa pemain bernomor punggung 25 itu ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

“Alhamdulillah dalam beberapa saat kesadarannya membaik, setelah itu kami proteksi lehernya, dan dilarikan ke rumah sakit untuk memastikan bagian organ perutnya tidak apa-apa karena kan benturan bolanya itu kena perutnya,” ujarnya.

persib fokusjabar.id
(foto web)

Raffi menilai, tidak ada yang salah yang dilakukan oleh tim medis Persiraja pada pertandingan pekan ke-13 BRI Liga 1 2021-2022 tersebut. Salah satunya mengangkat perut Ramadhan.

“Tidak ada yang salah, benar itu. Dan saya membantu juga di sana sedang dibantu sama tim medis Persiraja juga. Dan saya juga itu spontanitas saja, waktu melihat perut pemain itu diangkat oleh tim medis Persiraja, atletnya kelihatan tidak bergerak, jadi saya spontan saja lari untuk membantu,” ujarnya.

Raffi bersyukur, lantaran dari kabar yang diterimanya kondisi Ramdhan saat ini sudah membaik dan tidak mengalami cedera serius.

“Alhamdulillah, dapat kabar terakhir keadaannya membaik. Dan setelah di observasi di RS juga saya dapat kabar juga katanya tidak ada hal yang membahayakan,” jelas Raffi.

(Arif/Bambang)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img