spot_img
Kamis 25 November 2021
spot_img
spot_img

El Salvador Bakal Bikin Kota Bitcoin Pertama di Dunia

BANDUNG,FOKUSJabar.id: El Salvador resmi menjadikan Bitcoin sebagai mata uang resmi negara. Dengan itu, El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang menjadikan Bitcoin sebagai mata uang resmi negara.

Bahkan, negara kecil di Amerika Tengah ini berambisi membuat kota Bitcoin pertama di dunia.

Nantinya, kota itu akan berada di wilayah timur La Union dan menjadi pusat penambangan (mining) Bitcoin dengan menggunakan tenaga panas bumi yang berasal dari gunung berapi Conchagua.

BACA JUGA: Matahari Terbit dari Barat Tertanda Kiamat, Ini kata Nasa

Kota ini akan dibangun dengan menerbitkan obligasi dengan underlying Bitcoin. Para penambang tidak akan dikenakan pajak apapun kecuali Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Rencana ini pun digunakan Presiden El Salvador Nayib Bukele untuk menarik dana investor asing.

“Investasilah di sini dan hasilkan semua uang yang Anda inginkan,” kata Nayib, seperti dilansir CNN.

“Ini adalah kota yang sepenuhnya ekologis yang bekerja dan diberi energi oleh gunung berapi,” kata dia.

Nayib Bukele menambahkan separuh dari PPN yang dipungut akan digunakan untuk membayar uang obligasi dan setengahnya lagi untuk membangun kota dan membayar layanan seperti pengumpulan sampah.

Kota ini bakal dirancang agar terlihat seperti simbol Bitcoin dari udara. Nayib Bukele memperkirakan pembangunan infrastruktur publik akan menelan biaya sekitar 300.000 Bitcoin.

“Jika Anda ingin Bitcoin menyebar ke seluruh dunia, kita harus membangun beberapa Alexandria (sebuah kota terbesar kedua setelah Kairo yang dibangun Era Alexander Agung di Mesir),” katanya.

Rencananya obligasi beraset dasar Bitcoin ini akan diterbitkan awal 2022 dan akan dikenal dengan nama Volcano Bond dengan nilai US$1 miliar. Obligasi ini memberikan kupon 6,5% per tahun.

BACA JUGA: El Salvador Perketat Pengawasan kepada Gembong Kriminalitas dalam Penjara

(Agung)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img