spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Perkuat Respon Aduan, JQR dan Basarnas Berkolaborasi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jabar Quick Response (JQR) berkolaborasi dengan Direktorat Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) guna memperkuat respon aduan kebencanaan.

    Kolaborasi itu diwujudkan melalui pelatihan teknis pencarian dan pertolongan di permukaan air melalui program SAR Community sejak Kamis (11/11/2021) hingga Sabtu (13/11/2021) nanti.

    Ada 25 peserta dari JQR, BB 1% West Java Chapter dan organisasi potensi lokal akan dilatih oleh tim terbaik dari Basarnas Kansar Bandung dengan materi pertolongan di permukaan air.

    FOKUSJabar.id JQR
    Perkuat Respon Aduan JQR dan Basarnas Berkolaborasi (Foto IST)

    Ketua Umum JQR Bambang Trenggono mengatakan bahwa sesuai arahan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Emil), Jabar Quick Respons harus terdepan dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometrologi di wilayah Jabar.

    “Masyarakat yang tertimpa kemalangan harus segera mendapatkan bantuan. Caranya adalah melaui kolaborasi, seperti yang kita lakukan hari ini bersama Basarnas Kansar Bandung dan BB 1% West Java Chapter,” kata Bambang di Gedung Sate Bandung, Kamis (11/11/2021).

    BACA JUGA: JQR Kembali Gelar Vaksinasi Untuk Warga Kota Bandung Sebanyak 3 ribu Dosis

    Dia berharap, melalui pelatihan ini anggota JQR memiliki bekal untuk mendukung kegiatan di bidang kemanusiaan. Meski telah banyak terjun ke lokasi kebencanaan, tim disaster JQR harus memiliki kemampuan yang tersertifikasi dari Basarnas.

    “Itu butuh proses pembelajaran baik materi maupun aplikasi di lapangan. Kita ciptakan sumber daya manusia yang profesional dan memadai dalam menghadapi bencana,” kata dia.

    Sementara Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung Deden Ridwansah menyambut baik semangat mengikuti kegiatan SAR Community. Deden berharap anggota JQR bisa bekerjasama baik dalam pembinaan potensi maupun operasi SAR.

    “Pembinaan SAR Community ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan di wilayah Jabar dan kesiapsiagaan Basarnas Bandung dalam pelaksanaan operasi SAR. Adapun bentuk pelatihannya, kita sharing pengetahuan dan keterampilan di banjir, arus deras dan danau,” kata Deden.

    Basarnas dan Jabar Quick Respons berkolaborasi dalam meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi terjadinya musibah. Terlebih Jabar memiliki potensi bencana terbanyak. Dengan semakin banyaknya potensi dan personel yang memiliki keterampilan SAR serta mitigasi kebencanaan, maka semakin ringan tugas dari institusi, seperti Basarnas dan BPBD.

    “Kami tidak bisa bekerja sendiri harus ada sinergitas,” kata dia.

    Vice President Bikers Brotherhood 1% MC West Java Chapter Adi Ochun Fitriadi mengatakan bahwa bersama JQR telah saling mendukung dalam program kemanusiaan. Salah satunya kebencanaan, sehingga sangat mendukung pelatihan yang difasilitasi oleh JQR dan Basarnas.

    “Kita sering terjun ke operasi SAR permukaan air namun. Dengan pelatihan ini kita bisa meningkatkan kemampuan untuk menolong korban dan membantu Basarnas di lapangan. Yang ikut latihan berasal dari prospect hingga life member BB 1%,” kata Adi.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img