spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    TPU Cikutra Bandung Kembali Longsor, 4 Makam Dipindahkan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Hujan deras yang menguyur kota Bandung sejak pukul 15:00 WIB, mengakibatkan sebahagian Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikutra Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung Tergerus Longsor. Akibatnya, 4 makam di TPU Cikutra tersebut nyaris terjatuh ke dalam sungai Cidurian.

    Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) TPU Wilayah III Kota Bandung, Sumpena mengatakan, kejadian tersebut berawal dari adanya hujan lebat yang terjadi pada sore hari.

    “Kronologisnya tadi sekitar pukul 15.00 WIB terjadi hujan lebat sampai pukul 16.00 dan mengakibatkan longsor di dinding pembatas antara pemakaman dan sungai,”kata Sumpena saat ditemui di lokasi Rabu (10/11/2021).

    Dari kejadian longsor tersebut, setidaknya ada empat makam yang hampir terjatuh kedalam sungai.

    BACA JUGA: DPRD Kota Bandung Minta Pemkot Evaluasi Pengawasan Prokes

    “Akibat longsor ini ada 4 makam yang hampir terjatuh ke sungai,” kata dia.

    Oleh karna itu, pihaknya akan segera melakukan pemindahan terhadap 4 makam ke lahan yang ada ditengah pemakaman.

    “Upaya-upaya kami dari UPT pemakaman wilayah 3 khusus TPU Cikutra akan dipindahkan segera, hari ini juga,” katanya.

    Untuk mencegah terjadinya longsor kembali, Ia akan melakukan koordinasi dengan Dinas Tata Ruang (Distaru) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung mengenai penanggulangan kirmir yang berada di sungai Cidurian.

    “Kami berkoordinasi dengan Dinas Penataan Ruang. Mungkin Dinas Penataan Ruang akan berkoordinasi dengan SKPD lain, misalkan Dinas PU dan Bina Marga,” kata Sumpena.

    Sumpena menambahkan, kejadian tersebut sudah terulang dua kali. Maka dari itu, pihaknya meminta arahan kepada Dinas terkait guna mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

    “Sudah dua kali kejadian seperti ini, tahun 2019 satu kali di blok F dan E. Alhamdullilah itu sudah tertangani bahkan sudah ada gerak cepat dari SKPD yang lain juga sama. Jadi ke Dinas mohon izin arahanya supaya tidak terjadi lagi hal seperti ini. Pasti harapan saya dipindahkan makam yang berada dipinggir sungai,” kata dia.

    BACA JUGA: Delapan Tanggul Jebol, DPU Kota Bandung Anggarkan Rp10 Milyar

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img