spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Lewati Keramat di Ciamis ini, Masyarakat Harus Buka Tutup Kepala

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Komplek keramat Pecat Dudukuy yang berada di Desa Bunter Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis Jawa Barat oleh penduduk sekitar sangat disakralkan.

    Disakralkanya komplek Keramat Pecat Dudukuy oleh masyarakat karena tempat tersebut merupakan petilasan Eyang Syeh Sarifit Bagus ( Eyang Kyai Mas Lurah) seorang penyebar Agama Islam dan pengajar budi pekerti bagi penduduk di wilayah Bunter Sukadana dan sekitarnya.

    Menurut juru kunci Keramat Pecat Dudukuy Darto Hujarsono (Mbah Gejul), konon Eyang Syeh Sarifit Bagus merupakan keturunan dari Syeh Sarif Hidayatullah (Sunan Gunungjati) dari Kesultanan Cirebon yang diberi tugas menyebarkan Agama Islam di Kerajaan Galuh.

    “Selain sebagai penyebar Agama Islam Syeh Sarifit Bagus juga merupakan seorang pemimpin yang adil bijaksana,” katanya.

    BACA JUGA: Saung Makam Eyang Cakrawati di Ciamis Tahan Api

    Darto menuturkan, saat menyebarkan Agama Islam dan mengajarkan berbagai etika Eyang Syeh Sarifit Bagus penuh dengan kasih sayang maka penduduk pun sangat menghormatinya dan ajaranyapun diterima dengan sangat baik.

    “Eyang Syeh Sarifit Bagus sangat terkenal akan sipat welas asih serta bijaksana dalam memimpin rakyatnya,” ucapnya.

    Darto mengatakan, untuk menghargai Eyang Syeh Sarif Bagus maka masyarakat kalau lewat ke komplek petilasanya (Keramat Pecat Dudukuy) selalu membuka topi, dudukuy ataupun kopiah yang dikenakan dikepala sebagai tanda takzim kepadanya.

    BACA JUGA: Monumen COVID-19 Bukti Pengorbanan Nakes

    “Sampai saat ini warga disini kalau melewati Petilasan Syeh Sarifit Bagus selalu membuka apa yang dikenakan dikepala sebagai tanda menghormati beliau,” kata dia.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img