spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Jabar Siap Pertahankan Gelar Juara Umum Peparnas XVI Papua

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Mempertahankan gelar juara umum pada perhelatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI, menjadi target kontingen Jawa Barat. Berkekuatan 235 atlet, National Paralympic Commitee Indonesia (NPCI) Jabar optimis bisa mengawinkan gelar dengan PON XX.

    Ketua NPCI Jabar Supriyatna Gumilar mengatakan, kondisi atlet paralimpian Jabar sudah siap beranding dan mempersembahkan prestasi terbaik. Baik secara fisik maupun mental pada Peparnas XVI Papua.

    “Alhamdullilah kita bisa berangkat, persiapan atlet sudah terpenuhi dan semuanya dalam kondisi fit. Kita optimis bisa pertahankan juara umum seperti yang diharapkan Gubernur Jabar, masyarakat Jabar, dan juga kita semua,” kata Supriyatna, Selasa (2/11/2021).

    Tidak hanya secara fisik, teknik, dan mental atlet yang sudah digembleng dalam kamp Pelatda NPCI Jabar, optimisme itu pun didasarkan pada jumlah kontingen yang cukup besar dibanding provinsi pesaing lainnya. Kontingen Jabar pun mengikuti hampir semua nomor cabang olahraga yang dipertandingkan di Peparnas XVI Papua.

    “Dengan kekuatan 235 atlet, itu menjadi optimisme kami mempertahankan juara umum. Dengan atlet second line yang dipertandingkan, kita yakin (juara umum) bisa dipertahankan Jabar,” kata dia.

    BACA JUGA: Vaksin COVID-19 Bio Farma Aman untuk Anak Usia 6-11 Tahun

    fokusjabar.id peparnas xvi papua jabar
    Sambutan hangat diterima kontingen Peparnas XVI Jabar saat tiba di Papua. (FOTO: Istimewa)

    Untuk memotivasi dan menaikan moral atlet, Supriatna berharap dukungan dari seluruh pihak. Salah satunya terkait uang saku yang menjadi hak atlet.

    “Ini penting sebagai motivasi atlet dalam berjuang mempertahankan gelar juara umum di Peparnas,” Supriatna menegaskan.

    Kontingen Jabar sendiri sudah tiba di Bumi Cendrawasih dan langsung melakukan adaptasi dengan kondisi di Jayapura, Papua. Sehingga saat pertandingan Peparnas XVI Papua dimulai pada 5-15 November 2021, para atlet sudah siap.

    Sebelumnya, seluruh anggota kontingen menjalani Anti Swab PCR sebagai syarat yang harus dijalani untuk bisa berlaga di Peparnas XVI Papua. Pelaksanaan swab antigen dan PCR dilakukan langsung petugas kesehatan dari Laboratorium Dinas Kesehatan Jabar satu hari sebelum kontingen berangkat ke Tanah Papua.

    “Kita berangkat ke Papua dengan kondisi sudah di swab tes dan PCR. Ini syarat untuk bisa memasuki pesawat yang akan membawa kita ke Papua,” kata Ketua Pelatda Peparnas XVI Jabar, Agung Fajar Bayu Ajie.

    Agung mengatakan, hal sama akan kembali dilaksanakan sebelum kontingen pulang ke Tanah Pasundan.

    “Yang pasti, seluruh kontingen Peparnas XVI Jabar telah menjalani dua kali vaksinasi Covid-19. Secara umum, kondisi kesehatan para atlet, pelatih dan ofisial dalam keadaan prima,” Agung menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img