spot_img
Selasa 16 April 2024
spot_img
More

    Ini 10 Aktor Bollywood Terkaya di India

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Para aktor Bollywood sudah bukan rahasia lagi jika mereka memiliki harta yang sangat berlimpah.

    Forbes pada tahun 2017 pernah merilis daftar Bollywood antara lain Shah Rukh Khan, Salman Khan dan Akshay Kumar berada di peringkat masing-masing No. 8, 9 dan 10.

    Sementara itu, aktor Akshay Kumar naik ke posisi keenam pada 2020 dengan pendapatan tahunan US$ 48,5 juta, mengalahkan selebriti Hollywood seperti Lin-Manuel Miranda, Will Smith dan Jackie Chan.

    BACA JUGA: Mengapa Ikan Hiu Takut Dengan Ikan Lumba-lumba? Berikut Alasannya

    Berikut 10 aktor Bollywood terkaya, mengutip South China Morning Post, Jumat (22/10/2021):

    1. Shah Rukh Khan – US$ 750 juta (Rp 10 trilyun)

    India.com Shah Rukh Khan memungut bayaran sekitar US$ 13 juta untuk film terbarunya Pathan, yang diproduksi oleh Yash Raj Films. Dengan lebih dari 108 judul film, aktor berusia 55 tahun ini telah mengumpulkan kekayaan bersih sekitar US$ 750 juta.

    2. Amitabh Bachchan – US$ 400 juta (Rp 5,6 trilyun)

    Melansir CNBC, Aktor legendaris India ini memulai karirnya sejak 1970-an dan telah membintangi banyak film sukses, termasuk film hits terbaru seperti Piku (2015), Pink (2016) dan Thugs of Hindustan (2018). Aktor kawakan ini juga pernah tampil dalam film Hollywood The Great Gatsby (2013).

    Selain film, aktor berusia 79 tahun itu juga memiliki beragam bisnis. Pada 2013, ia membeli 10% saham Just Dial dan memiliki 3,4% saham di perusahaan komputasi awan Stampede Capital. Menurut Makaan, ia juga memiliki lima bungalow mewah dan dua flat di kawasan Juhu di Mumbai, India, serta lahan pertanian senilai US$ 1,5 juta.

    3. Salman Khan – US$ 260 juta (Rp 3,6 trilyun)

    Aktor Bollywood Salman Khan mengubah citra dirinya dari aktor romcom menjadi bintang aksi dengan film-film seperti Wanted (2009) dan Dabangg (2010). Menurut Celebrity Net Worth, Salman Khan menghasilkan US$ 40 juta antara 2017 dan 2018.

    Bintang ini juga memiliki perusahaan produksinya sendiri bernama Salman Khan Films dengan pendapatan operasional yang dilaporkan sekitar US$ 400 juta.

    Aktor berusia 55 tahun ini bahkan tampil sebagai pembawa acara TV untuk 10 Ka Dum dan Bigg Boss serta pernah menjabat sebagai brand ambassador untuk Pepsi, Suzuki, dan Emami Healthy.

    4. Akshay Kumar – US$ 250 juta (Rp 3,5 trilyun)

    Akshay Kumar adalah satu-satunya aktor Bollywood yang masuk dalam daftar selebriti dengan bayaran tertinggi dunia 2020 versi Forbes. Tahun lalu dia bahkan menjadi berita utama karena menagih US$ 15 juta untuk film mendatang Aanand L. Rai, menjadikannya sebagai aktor dengan bayaran tertinggi di India saat ini.

    Namun, Forbes merinci bahwa sebagian besar uangnya sebenarnya berasal dari kerja sama, mulai dari multivitamin hingga pembersih toilet. Bahkan Kumar adalah salah satu dari sedikit aktor India yang memiliki jet pribadi.

    5. Aamir Khan – US$ 205 juta (Rp 2,9 trilyun)

    Dijuluki Mr. Perfeksionis, Aamir Khan mengubah arah Bollywood dengan film komentar sosialnya. Filmnya pada 2016 lalu, Dangal, sendiri menghasilkan US$ 340 juta di box office di seluruh dunia dan menempati peringkat sebagai film India terlaris sepanjang masa. Ini diikuti oleh PK (2014) dan Secret Superstar (2017) masing-masing. Keduanya menghasilkan laba US$ 300 juta lagi jika digabungkan.

    Sementara dia pilih-pilih tentang merek yang mendukung, Khan mengenakan biaya sebesar US$ 1,5 juta per dukungan, lapor Republic World.

    6. Kamal Haasan – US$ 100 juta (Rp 1,4 trilyun)

    Superstar Tamil ini telah berakting dan memproduksi film-film hit (Biwi No 1, Chachi 420, Hey Ram, Mumbai Xpress dan Ramji Londonwaley) selama beberapa dekade sekarang.

    Pada tahun 2017, ia menjadi tuan rumah Bigg Boss Tamil (saat ini musim keempat), di mana musim pertama menjadi acara yang paling banyak ditonton di negara bagian Tamil Nadu, India Selatan. Haasan dilaporkan dibayar US$ 2 juta untuk pertunjukan tersebut.

    7. Shahid Kapoor – US$ 70 juta (Rp 992 milyar)

    Setelah tampil memukau dengan film hitsnya Kabir Singh, Shahid Kapoor dilaporkan menaikkan gajinya menjadi US$ 4,6 juta per film. Aktor berusia 40 tahun ini juga memiliki dua rumah mewah di daerah Andheri dan Juhu, di mana yang terakhir bernilai lebih dari US$ 4 juta, menurut GQ India.

    Aktor bollywood ini juga menghasilkan banyak uang dari promosi media sosial untuk merek-merek seperti jam tangan Brut, Reebok dan Tommy Hilfiger. Pada tahun 2016, ia meluncurkan lini fesyennya sendiri bernama Skult yang sekarang tersedia di banyak toko e-commerce populer di India.

    8. Hrithik Roshan – US$ 43-48 juta (Rp 609 milyar-Rp 679 milyar)

    Orang mungkin berharap untuk melihat Hrithik Roshan masuk dalam daftar aktor Bollywood terkaya, tetapi dengan sifatnya yang selektif dalam memilih film (dia tidak memilih film baru sepanjang 2018), sehingga kekayaannya tidak bertambah. Namun, itu tidak berarti dia kekurangan kekayaan.

    Dari peran akting hingga endorsement, Roshan juga mendapatkan penghasilan besar dari lini pakaiannya yang disebut HRX dengan nilai US$ 26 juta, lapor Economic Times India.

    Baru-baru ini, dia dikatakan dibayar US$ 10 juta untuk perannya sebagai Ram dalam Ramayana mendatang Nitesh Tiwari berlawanan Ranbir Kapoor.

    9. Ranbir Kapoor – US$ 42 juta (Rp 595 milyar)

    Salah satu bintang Bollywood yang paling dicari, Ranbir Kapoor meminta US$ 800.000 untuk kerja sama sehari, menurut Hindustan Times. Dari Asian Paints, Pepsi dan Panasonic hingga Renault dan Flipkart, ia dikatakan mendukung setidaknya 10 merek pada waktu tertentu.

    Meski berpenghasilan besar, pria berusia 39 tahun ini juga menghabiskan banyak uang untuk sepatu olahraga, jam tangan mahal (Tag Heuer Grand Prix) dan supercar (Audi A8 dan Mercedes-Benz G63 AMG).

    10. Saif Ali Khan – US$ 40 juta (Rp 566 milyar)

    Putra mantan kapten tim kriket kerajaan dan India Tiger Pataudi, Saif Ali Khan sering terlihat di rumah leluhurnya, perkebunan Pataudi, yang bernilai lebih dari US$ 100 juta menurut GQ India. Meski berasal dari garis keturunan kerajaan, Khan, juga memiliki dua rumah produksi, yakni Illuminati Films dan Black Knight Films, yang telah menghasilkan hits seperti Love Aaj Kal (2009) dan Cocktail (2012).

    Aktor bollywood ini juga memiliki lini pakaian acara India dan koleksi furnitur dalam kemitraan dengan Myntra yang disebut House of Pataudi.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img