spot_img
Kamis 21 Oktober 2021
spot_img
spot_img

Mengapa Ikan Hiu Takut Dengan Ikan Lumba-lumba? Berikut Alasannya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ikan Hiu merupakan hewan paling buas yang berda dilaut, jika di darat singa disebut sebagai raja hutan berbeda dengan di air mungkin sebutan raja binatang laut cocok dinobatkan kepada ikan hiu.

Siapa yang tidak takut ketika bertemu ikan hiu di laut, bahkan selain ikan yang menjadi prioritas utamanya dalam berburu makanan manusia juga kerap menjadi korban keganasan dari ikan tersebut.

Beda hal nya dengan ikan lumba-lumba meskipun kedua nya sering disebut sebagai predator di lautan namun lumba-lumba dikenal sebagai hewan cerdas yang mampu bersahabat dengan manusia.

Perlu diketahui juga bahwa hiu merupakan predator laut yang dikenal berdarah dingin sedangkan lumba-lumba dikenal sebagai predator berdarah panas.

BACA JUGA: Viral! Ditemukan Ikan Hiu Berwajah Manusia di NTT

Mungkin sebagian orang belum mengetahui bahwa hiu sangat takut ketika bertemu dengan lumba-lumba.

Lalu mengapa hiu yang terkenal ganas bisa takut dengan lumba-lumba yang memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil darinya?

Jika ditelisik lebih lanjut keduanya sering berpapasan ketika hendak berburu dilautan, namun anehnya hiu tidak pernah menyerang lumba-lumba karena takut.

Dilansir dari kompas.com, Shark Keeper menjelaskan bahwa ikan hiu dan lumba-lumba memiliki bentuk yang sama yakni vertikal, namun bedanya lumba-lumba memiliki tekstur kulit yang lembut dan tulang yang lebih fleksibel.

sehingga memudahkan ikan lumba-lumba untuk menghindari setiap serangan dari ikan paus dan bergerak lebih leluasa.

Lumba-lumba juga terkenal dengan hewan air yang memiliki kecepatan berenang yang sangat luar biasa.

Selain itu lumba-lumba juga termasuk dalam hewan yang unik karena memiliki kemampuan navigasi pada ekornya yang disebut ekolokasi.

Oleh sebab itu lumba-lumba bisa mengetahui dimana posisi ikan hiu, sehingga bisa menghindari setiap serangan dari ikan hiu dan bisa melancarkan serangan secara tiba-tiba kepada ikan hiu.

Itulah alasan mengapa ikan hiu takut kepada ikan lumba-lumba karena lumba-lumba merupakan hewan cerdas yang bisa mengelabui ikan hiu.

Ikan hiu juga dikenal sebagai ikan yang memiliki sifat soliter atau sering menyendiri sementara ikan lumba-lumba dikenal sebagi ikan yang hidup berkelompok.

Uniknya setiap kelompok ikan lumba-lumba bisa berisi 12 sampai 100 ekor ikan lumba-lumba yang dimana setiap kelompok tersebut memiliki sebuah solideritas yang sangat tinggi.

Jika salah satu ikan lumba-lumba diserang oleh ikan hiu maka kelompok yang lain akan segera datang untuk menolong.

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa alasan ikan hiu takut dengan ikan lumba-lumba seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber.

BACA JUGA: Batara Sumbang Medali Emas Kedua Tim Biliar PON XX Jabar

Ikan lumba-lumba memiliki moncong yang tumpul tapi sangat kuat.

Ikan lumba-lumba memiliki moncong yang sangat tumpul tapi juga sangat kuat, saat mendapat ancaman dari ikan hiu lumba-lumba akan bergerak kebawah perut ikan hiu lalu akan menusukan moncongnya tersebut ke perut ikan hiu.

Ikan lumba-lumba dikenal sebagai pemangsa puncak dari hewan laut.

Ada salah satu jenis ikan lumba-lumba yang sangat terkenal yaitu lumba-lumba orca oleh sebab itu lumba-lumba dikenal sebagi puncak pemangsa dari hewan laut karena lumba-lumba orca tersebut kerap kali memangsa ikan hiu putih yang besar.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai alasan mengapa ikan hiu takut dengan ikan lumba-lumba semoga bisa menambah wawasan.

(Fauza/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img