spot_img
Rabu 1 Desember 2021
spot_img
spot_img

Bendera Indonesia Tidak Berkibar di Thomas Cup 2020, Kenapa?

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Hendra Setiawan dan kawan-kawan berhasil menjuarai Thomas Cup 2020 di Denmark. Tapi kenapa di podium kemenangan, bendera RI tidak bisa berkibar?

Kemenangan Thomas Cup kali ini merupakan titel ke-14 Indonesia sepanjang sejarah. Tapi banyak yang bertanya kenapa bendera RI tidak bisa berkibar, melainkan hanya bendera dengan logo PBSI.

Melansir CNBC, Selasa (19/10/2021), alasan tidak berkibarnya bendera Indonesia disebabkan sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA) untuk Indonesia.

BACA JUGA: 19 Tahun Puasa, Indonesia Kampiun Thomas Cup 2020 di Denmark

Per 7 Oktober 2021 lalu, WADA menyatakan Indonesia adalah salah satu negara yang tidak patuh dalam menerapkan program uji doping.

Pada 15 September 2021, WADA mengirim surat resmi kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) mengenai ketidakpatuhannya ini.

Namun Indonesia dengan tujuh negara lain tidak mengirimkan sampel uji doping selama masa pandemi, yakni tahun 2020 dan tahun 2021.

Kemudian, WADA memberi tenggat waktu selama 21 hari untuk Indonesia dan tujuh negara lain untuk memberi klarifikasi. Namun, setelah 21 hari Indonesia masih tidak memberi jawaban.

Karena dianggap tidak patuh pada program ini, maka muncul tiga sanksi dari WADA.

Tidak hanya pelarangan pengibaran bendera di berbagai ajang olahraga selain Olimpiade, Indonesia juga disebut tidak memenuhi syarat menjadi tuan rumah dalam kejuaraan tingkat regional, kontinental, atau dunia.

Lalu sanksi lainnya adalah perwakilan Indonesia tidak memenuhi syarat menempati posisi anggota dewan di dalam sebuah komite olahraga.

BACA JUGA: Tim Thomas Cup Indonesia Tumbangkan Hongkong 5-0

(Agung)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img