spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Pemkot Bandung Dorong UMKM untuk Pulihkan Ekonomi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Untuk memulihkan sektor ekonomi ditengah pandemi, Pemerintah kota (pemkot) Bandung akan mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Usaha tersebut, dipercaya akan mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menyebut, laju pertumbuhan ekonomi berada dalam tren positif. Diharapkan, tren tersebut kian meningkat.

    UMKM menjadi prioritas kita. Kemudian mereka diberikan insentif fasilitas kegiatan, dan aktivitas lain seperti sektor perhotelan, dan ini bagian dari pergerakan ekonomi,” kata Ema di Kota Bandung Jabar Selasa (28/9/2021).

    Pihaknya pun optimistis bahwa laju pertumbuhan ekonomi akan terus meningkat. Terlebih, kasus konfirmasi aktif Covid-19 di Kota Bandung saat ini terus mengalami penurunan.

    BACA JUGA: DPU Kota Bandung Diminta Dorong Pasukan Gober Persiapkan Drainase

    Keyakinan tersebut dituturkan Ema, tidak terlepas seiring kegiatan vaksinasi Covid-19 yang sudah melebihi target di bulan September. Diharapkan pada akhir 2021 telah mencapai 100 persen dosis pertama.

    “Data kita sangat bagus. Jadi September dahulu, bicara di angka 70, sekarang malah 83 persen. Jadi kita  optimis di bulan November 100 persen. Desember ini masih on schedule on target,” ucapnya.

    Meski begitu, Ema mengatakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung dapat berjalan lancar apabila ketersediaan dan stok vaksin aman. Pihaknya saat ini sedang mempercepat vaksinasi bagi usia 12 sampai 17 tahun.

    “Sedang diakselerasi usia 12 sampai 17. Siswa di sekolah (vaksinasi) asas domisili, baru 24 persen rata rata. Di SMKN 15 sudah 50 persen untuk memenuhi 50 persen vaksinasi masal di sekolah,” katanya.

    Ema menambahkan, laju pertumbuhan ekonomi yang berjalan dengan tren positif saat ini turut dipengaruhi aktivitas kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang sudah digelar. Sejauh ini belum terdapat klaster.

    BACA JUGA: Petani Milenial Bidang Kehutanan Mulai Budi Daya Jamur Kayu

    “Laporan dari disdik belum ada klaster dari PTMT. Saya percaya saja, karena Disdik melakukan pengawasan secara intens tiap hari dan kita erencana mengundang Disdik membahas perkembangan terbaru,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img