spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    DPU Kota Bandung Diminta Dorong Pasukan Gober Persiapkan Drainase

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna meminta, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung untuk mendorong pasukan gorong-gorong dan kebersihan (Gober) mempersiapkan saluran dan drainase menjelang musim penghujan.

    “DPU dan unsur kewilayahan harus segera mempersiapkan, termasuk mendorong pasukan Gober melakukan perbaikan saluran lingkungan,” kata Ema Selasa (28/9/2021).

    Menurutnya, upaya perbaikan saluran dan drainase di lingkungan harus segera dilakukan jelang musim penghujan di tahun ini. Hal-hal kecil pun harus mendapat perhatian sebelum menjadi bencana besar.

    BACA JUGA: Waspada! Letak Geografis Kota Bandung Berisiko Tinggi Bencana

    “Karena dari hal kecil dan nanti bermuara di suatu tempat, kan bisa menjadi besar. Dan tentu itu tidak kita harapkan. Maka saya minta DPU segera bertindak, dan mendorong unsur kewilayahan untuk segera bergerak. Jangan menunggu nanti dan nanti,” ucapnya.

    Selain saluran dan drainase, upaya lainnya yang dilakukan Pemkot Bandung dalam penanggulangan persoalan banjir, adalah akselerasi sumur resapan dan pengoptimalan kolam rentensi.

    “Termasuk kolam retensi yang berada di Jalan Bima. Ini terus kita pantau. Lalu kolam retensi lainnya kita optimalkan, seperti di kawasan Gede Bage. Karena jangan sampai kolam retensi yang ada malah tidak menjadi efektif,” kata dia.

    BACA JUGA: Petani Milenial Bidang Kehutanan Mulai Budi Daya Jamur Kayu

    Sebelumnya, hujan lebat yang terjadi pada Minggu 26 September 2021, membuat genangan air di sejumlah titik di Kota Bandung. Bahkan dibeberapa tempat seperti Cijerah dan Cibaduyut terjadi banjir.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img