spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Buka MTQ ke-47, Oded Ingin Masjid di Kota Bandung Dipimpin Imam Muda

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Oded M. Danial menyebut Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 tingkat Kota Bandung Tahun 2021 sebagai sarana memupuk generasi muda pecinta Al-quran. 

    Bahkan dia berharap seluruh masjid di Kota Bandung bisa dipimpim para imam muda yang memiliki kemampuan serta kapasitas setelah ditempa di perhelatan MTQ tahun ini.

    “Hampir ribuan masjid di Kota Bandung bisa diimami oleh imam muda para penghafal Alquran. Bukan sekadar hafal, tapi fasih dan memahami kandungan Al-quran,” kata Oded seusai membuka MTQ ke-47 tingkat Kota Bandung di Masjid Al-Ukhuwwah, Jalan Wastukencana Kota Bandung Jabar Sabtu (18/9/2021).

    Menurut dia, penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran tidak terbatas pada ‘kompetisi’ unjuk kemampuan dan jaga gengsi wilayah, lebih dari itu sebagai program pembinaan jangka panjang yang massif dan konsisten.

    Adapun keberhasilan kafilah menjadi juara di Musabaqah Tilawatil Quran tingkat provinsi, atau bahkan di level nasional hanya sebagai bonus atas kerja kerasnya.

    BACA JUGA: MTQ Tingkat Jabar Tetap dilaksanakan di Tengah Pandemi

    Misi besarnya tetaplah dalam rangka menopang pembangunan sumber daya manusia yang unggul dengan berpegang teguh pada nilai ajaran agama.

    “Alhamdulillah Kota Bandung satu di antara kabupaten kota di Jawa Barat yang memiliki kesungguhan dalam pembangun sumber daya manusia yang cinta Al-quran. Alhamdulillah delapan kali berturut turut kita menjadi juara Musabaqah Tilawatil Quran di Jawa Barat,” kata Oded. 

    Wali Kota Bandung Oded M Danial Saat Membuka MTQ ke-47 Tingkat Kota Bandung di Masjid Al-Ukhuwwah, Jalan Wastukencana Kota Bandung Jabar Sabtu -Ist-

    Lebih lanjut Oded meminta agar setiap pelaksanaannya tidak terkesan ekslusif. Artinya, penyelenggaraannnya harus tersosialisasikan secara luas. Akses untuk mengikuti MTQ harus dibuka seluas-luasnya kepada masyarakat. 

    Dalam kesempatan tersebut Oded secara simbolis menyampaikan kadeudeuh bagi para kafilah yang mengikuti Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) XVII/2021 Jawa Barat. 

    Kalifah yang berhasil menjadi juara pertama mendapat uang pembinaan Rp40 juta, peringkat kedua Rp30 Juta dan peringkat ketiga Rp20 juta. Sedangkan seluruh kontingen mendapatkan masing-masing Rp5 juta. 

    Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Ema Sumarna mengatakan, dalam gelaran Musabaqah Tilawatil Quran ke-47 ini diikuti oleh 857 orang peserta. Ajang ini memperlombakan sebanyak 25 kategori dan akan berlangsung selama enam hari, 18-23 September 2021.

    “Tempat pelaksanaan MTQ tahuun 2021 ini kita menggunakan beberapa lokasi, yaitu di Masjid Al-Ukhuwwah, di SMKN 1 Bandung, di Aula KPKB, Masjid Attaqwa Kebon Sirih, dan Aula Kelurahan Babakan Ciamis,” kata Ema.

    Gelaran MTQ ke-47 ini, kata dia, menjadi salah satu ajang penjaringan kafilah yang akan dikirim untuk mewakili Kota Bandung dalam perhelatan MTQ ke-37 tingkat Jawa Barat pada 2022 mendatang.

    “MTQ tingkat Kota Bandung ini sekaligus untuk mencari para kafilah terbaik yang In Sya Allah akan mengikuti MTQ tingkat Jawa Barat di Sumedang tahun 2022 nanti,” kata Ema.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img