spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Tempat Wisata di Jabar akan Jadi Sentra Vaksinasi?

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengelola tempat wisata dan rekreasi di Jawa Barat  (Jabar) memastikan siap membuka kembali usahanya, menyusul sudah banyak dari pelaku industri yang sudah divaksin.

    Ketua Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri) Jawa Barat Heni Smith mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan vaksinasi baik terhadap karyawan maupun masyarakat di sekitar lokasi wisata. Dari 650 lebih lokasi wisata yang berada di bawah naungannya, hampir semua karyawannya sudah divaksin.

    “Kami terus mengupayakan vaksinasi gratis, khususnya di lokasi wisata yang berskala besar. Tidak hanya untuk karyawan kami, tapi penting juga untuk masyarakat sekitar,” kata dia saat menggelar ‘Jalanin’ Jalan-jalan sambil Vaksin (Jalanin), di Saung Angklung Udjo, Bandung, Rabu (8/9/2021).

    Jalanin adalah program kerja PUTRI DPD Jabar untuk mendorong pelaksanaan vaksinasi ditempat wisata.

    Heni memandang bahwa percepatan vaksinasi di sektor pariwisata perlu dilakukan, sehingga industri pariwisata kembali bangit. Terlebih selama pandemi, industri tersebut sangat terdampak bahkan banyak yang gulung tikar.

    “Sektor pariwisata menjadi salah satu yang paling terpuruk. Padahal banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor ini,” kata dia.

    BACA JUGA:  Tempat Wisata Jabar Harus Terapkan Prokes Ketat

    Sekretaris PHRI Jabar Herie Hermanie Suwarman mengatakan bahwa target vaksinasi di dalam negeri belum tercapai, alhasil masih banyak yang belum tersentuh. Di sisi lain vaksinasi menjadi salah satu syarat utama agar aktivitas masyarakat kembali normal di tengah pandemi saat ini.

    “Nah, kami ingin membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi. Vaksinasi di lokasi wisata juga sejalan dengan program pemerintah pusat terkait percontohan wisata berbasis vaksin,” kata Herrie.

    Apalagi, kata dia, banyak lokasi wisata di Jabar yang ditunjuk pemerintah pusat untuk percontohan program tersebut. Ada 20 lokasi wisata di Jabar yang ditunjuk pemerintah menjadi percontohan wisata berbasis vaksin.

    Dia berharap setiap lokasi wisata bisa menjadi sentra vaksinasi, sehingga tidak ada alasan untuk menutup tempat tersebut. Jadi selain berwisata, pengunjung yang datang pun bisa divaksin.

    Ketua Pelaksana Jalanin Shobirin F Hamid menargetkan selain untuk karyawan dan keluarga setiap asosiasi, karyawan lokasi wisata, vaksinasi yang digelar inipun diberikan untuk warga sekitar.

    Jalanin di Saung Angklung Udjo ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya diselenggarakan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Vaksinasi yang digelar selama dua hari ini menyiapkan 3 ribu dosis dengan melibatkan tenaga kesehatan dari Dinkes Kota Bandung.

    “Nanti akan dilakukan juga di beberapa tempat wisata di Jawa Barat,” kata dia.

    (Solihin)

    Berita Terbaru

    spot_img