spot_img
Rabu 13 Oktober 2021
spot_img
spot_img

Kutil Dapat Diobati dengan 6 Bahan Ini

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebagian besar orang mungkin akan merasa tidak percaya diri ketika tumbuh Kutil, terutama di bagian kulit yang wajah atau leher.

Namun jangan khawatir, kini sudah banyak obat Kutil yang tersedia di apotik dan juga bisa disembuhkan dengan cara alami.

Sebelum kita membahas tentang obat alami yang ampuh untuk menghilangkannya, alangkah lebih baik kita mengetahui tentang penyakit kulit yang satu ini. 

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Anda

Kutil adalah penyakit kulit yang kemunculannya membentuk sebuah benjolan kecil. Kemunculannya disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV).

Melansir dari berbagai sumber, penyakit ini biasanya akan muncul di bagian leher, pergelangan tangan, dan bagian kaki. Kutil juga merupakan penyakit yang bisa menular.

Pada umumnya penyakit ini bisa hilang (sembuh) dengan sendirinya namun terkadang hal itu membutuhkan waktu lama.

Jika penderita berobat ke Rumah Sakit (RS), jika belum terlalu parah akan diberikan obat pengelupas kimia. Namun jika senaliknya, akan dilakukan tindakan operasi bedah dan juga laser.

Nah, bagi penderita penyakit kulit ini yang tidak mau berobat ke Rumah Sakit tidak perlu khawatir, penyakit ini bisa disembuhkan oleh beberapa bahan alami.

Bahan-bahan alami tersebut tentunya sudah diuji dan pastinya memiliki sebuah enzim yang bisa melawan infeksi HPV.

Berikut daftar bahan alami yang bisa menyembuhkannya:  

  1. Bawang Putih

Loh kok bisa? sebagian orang akan terheran-heran karena bawang putih bisa mengobati penyakit kulit yang satu ini secara alami.

kutil fokusjabar.id
Bawang Putih (foto web)

Perlu diketahui bahwa bawang putih ini memiliki senyawa yang disebut allicin yang berfungsi untuk menyembuhkan masalah pada kulit (Kutil salah satunya). 

Cara mengaplikasikan bawang putih untuk menyembuhkannya juga terbilang cukup mudah. Tumbuk atau haluskan satu siung bawang butih, lalu larutkan dengan air. Setalah itu bisa oleskan ke bagian kulit yang terinfeksi lalu tutup menggunakan kain atau perban.

Cara itu bisa dilakukan terus menerus sampai menghilang. Biasanya akan hilang dalam jangka waktu 4 minggu.

  1. Cuka Apel

Bahan alami yang kedua yaitu Cuka Apel karena cuka memiliki sebuah zat yang bernama asam salisilat yang berfungsi untuk mengelupas kulit yang terinfeksi.

Cuka juga dipercaya bisa melawan infeksi HPV karena cuka memiliki sifat antimikroba yang alami.

kutil fokusjabar.id
(foto web)

Untuk menggunakan cuka apel sebagai bahan alami sangat mudah, cukup aplikasikan cuka apel dengan air bersih lalu campurkan keduanya dengan takaran cuka dua gelas dan air satu gelas.

Berikutnya bisa laurtkan kapas atau kain ke dalam campuran air dan cuka tersebut. Setelah itu bisa ditempelkan ke bagian kulit yang terinfeksi, tunggu 2-3 jam. Lakukan setiap hari sampai hilang.

3. Buah Nanas

Nanas diketahui mengandunh zat yang bernama bromelain yang bisa menyebarkan protein pada HPV.

kutil fokusjabar.id
Nanas (foto web)

Caranya, peras nanas, kemudian air hasil perasan tersebut oleskan ke bagian kulit yang terinfeksi kutil. Lakukan cara itu secara berkala agar kutil cepat hilang.

  1. Madu

Cara berikutnya untuk menghilangkan kutil yaitu dengan menggunakan madu. Madu memiliki sifat antibakteri dan juga antivirus.

Cara mengaplikasikannya, oleskan madu pada bagian kulit yang terpapar, kemudian tutup menggunakan kain atau perban.

kutil fokusjabar.id
Madu (foto web)

Olesan madu pada kutil bertujuan untuk membunuh virus yang ada pada kutil kemudian ditutup menggunakan perban agar tidak ada oksigen yang masuk.

  1. Daun Kemangi 

Seperti diketahui bahwa daun kemangi memiliki sebuah zat yang memiliki kandungan antivirus.

Kandungan antivirus tersebut dipercaya sangat ampuh untuk membunuh virus yang terdapat pada kutil.

kutil fokusjabar.id
(foto web)

Cara menggunakannya juga cukup simpel, cukup tumbuk daun kemangi hingga lemas lalu kemudian taburkan di area kulit yang terpapar, lalu tutup menggunakan kain atau perban. Lakukan kebiasaan itu setiap hari agar hasilnya maksimal.

  1. Kulit Buah Pisang

Cara ini boleh terbilang sangat sederhana karena hanya dengan memanfaatkan kulit pisang, kutil bisa hilang.

Kulit pisang mengandung enzim proteolitik yang sangat ampuh untuk membunuh virus pada kutil.

kutil fokusjabar.id
(foto web)

Cara menggunakannya, gosokan kulit pisang pada bagian kulit yang terpapar kutil lalu pastikan juga bekas daun pisang yang sudah dipakai langsung di buang karena dikhawatirkan virus kutil tersebut akan menyebar.

Jangan lupa juga untuk mencuci tangan setelah melakukan itu. Agar mendapatkan hasil yang maksimal lakukan pengobatan daun pisang itu setiap hari.

(Fauza/Bambang)

Artikel Lainnya

spot_img