spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    SMM Hub Dukung Peningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sekolah Murid Merdeka (SMM) meluncurkan beberapa pusat aktivitas (hub) di kota-kota besar sebagai bagian rencana SMM membuka puluhan sentra di kota lainnya. Dengan demikian, para siswa bisa benar-benar merasakan pengalaman sistem belajar campuran atau blended learning.

    Kepala Sekolah Murid Merdeka Laksmi Mayesti mengatakan, SMM Hub hadir sebagai kelas luar jaringan (offline) untuk melengkapi pengalaman murid saat belajar dengan para guru dan teman-temannya.

    “Yakni dengan memberikan ruang untuk belajar secara langsung bersama fasilitator pendamping dan teman sekolah,” kata Laksmi, Senin (23/8/2021).

    Laksmi menambahkan, kelas offline di SMM Hub dilengkapi bahan ajar dan alat peraga atau praktikum yang lengkap. Sehingga para siswa bisa mendapatkan pengalaman belajar tatap muka yang lebih optimal.

    BACA JUGA: Miris! Jakarta Memiliki Tata Kota Terburuk di Dunia

    fokusjabar.id SMM Hub
    Ilustrasi SMM Hub. (FOTO: Istimewa)

    Sebagai lembaga pendidikan inovatif yang berfokus pada metode belajar blended learning, kata Laksmi, SMM memiliki tujuan memajukan pendidikan Indonesia melalui sistem belajar campuran.

    “Anak mempunyai kesempatan untuk mengeksplorasi belajar daring secara luas sesuai minatnya, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kebutuhan dan keterampilan sosial lewat pertemuan luring dengan guru dan teman,” Laksmi menegaskan.

    Selain itu, lanjut Laksmi, SMM memilih untuk memadukan pembelajaran daring dan luring agar menjadi landasan sekolah di masa depan. Menurutnya, perkembangan teknologi yang sangat pesat akan membuat anak semakin banyak berinteraksi dengan aktivitas online yang cukup beragam.

    Namun di sisi lain, pertemuan tatap muka secara langsung dengan guru dan teman-temannya akan tetap menjadi kebutuhan pokok anak. “Untuk menyeimbangkan kebutuhan sosialnya dan kognitifnya,” Laksmi menjelaskan.

    Saat ini, SMM Hub telah hadir di delapan kota. Yakni Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Depok, Bekasi, Bogor, Semarang, Bandung, dan Surabaya.

    SMM Hub di Kudus, Jateng. (FOTO: Istimewa)

    Selain itu, SMM Hub pun telah hadir dan diresmikan di Jawa Tengah, tepatnya kota Kudus, pada Kamis (19/8/2021) kemarin. Untuk pelaksanaan belajar mengajar, akan sesuai dengan standar protokol kesehatan apalagi semua guru sudah tervaksinasi.

    “Targetnya, SMM Hub akan dibuka di 80 kota di Indonesia pada akhir tahun 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan yang sesuai standar,” kata Laksmi.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img