spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Menparekraf RI Bersama Forkopimda Garut Bahas Pengembangan Pariwisata

    GARUT,FOKUSJabar.id: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno berdiskusi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar) di Ruang Pamengkang, Minggu (22/8/2021).

    Diskusi tersebut dilakukan seusai Menparekraf RI mengunjungi Desa Wisata Cangkuang, Kecamatan Leles. Mereka membahas terkait pengembangan pariwisata di Kabupaten Garut ke depannya.

    Sebelumnya, Bupati Garut, Rudy Gunawan mengucapkan terima kasih atas  kunjungan Menparekraf RI sekaligus telah memberikan arahan terkait tata ruang berbasis perlindungan alam.

    garut fokusjabar.id
    Menparekraf RI, Sandiaga Uno

    BACA JUGA: Menparekraf RI: Daya Tarik Desa Wisata Cangkuang Garut Modal untuk Bangkitkan Perekonomian Pascapandemi Covid-19

    “Terima kasih Pak Menteri atas kunjungan dan arahannya soal bagaimana nanti mempunyai tata ruang yang berbasis perlindungan alam dan berbasis pariwisata berbasis alam,” katanya.

    Rudy optimistis dengan adanya Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) maka akan ada keseimbangan antara alam dengan objek pariwisata.

    “Kita yakin Garut nanti dengan agro vulkanik dari lima gunung berapi. Kami juga punya kopi yang luar biasa bagusnya tidak kalah dari Itali dan kami berkomitmen dengan kepemimpinan Pak Sandiaga yang telah memberikan dorongan agar daerah harus maju dalam pariwisata dan ekonomi kreatifnya yang berbasis digital dan go internasional,” ujarnya.

    Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya mendukung terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi di Kota Intan agar dapat menciptakan destinasi wisata yang berkelas dunia.

    garut fokusjabar.id
    Menparekraf dan Bupati Garut

    “Alhamdulillah, kami baru saja menyelesaikan diskusi untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di sini terutama dengan rencana penyelesaian RDTR yang akan kami fasilitasi asistensi. Tujuannya adalah dengan selesainya jalan tol, siap menjadi destinasi berkelas dunia, berdaya saing, berkualitas dan tentunya berkelanjutan,” kata Uno.

    Menurut Sandi, untuk satu dolar yang diinvestasikan dalam sektor parekraf bisa menciptakan enam kali lipat lapangan kerja lebih banyak dari sektor lainnya.

    “Saya ucapkan terima kasih dan ini kita harapkan 80 persen dari penciptaan lapangan kerja ternyata dilakukan oleh sektor parekraf dan karena sudah dari jaman Charlie Chaplin merupakan satu keuntungan sekaligus satu tantangan kita,” pungkasnya.

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI), Sandiaga Salahuddin Uno melakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar), Minggu (22/8/2021).

    Sandiaga Uno diterima  langsung Wakil Bupati, Helmi Budiman di Desa Wisata Cangkuang, Kecamatan Leles.

    Menparekraf mengatakan, daya tarik wisata menjadi modal untuk membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan pascapandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

    “Melihat pengelolaan Desa Wisata yang melibatkan masyarakat dan di sini peran pemerintah hadir bersama dengan dunia usaha memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Uno.

    Menurut Menparekraf RI, Candi Cangkuang yang menjadi daya tariknya berada di puncak Kampung Pulo. Para pengunjung melihat candi tersebut harus melalui situ (danau) menaiki rakit. Lokasi candi berada di pintu masuk kawasan cagar budaya sekitar 300 meter.

    garut fokusjabar.id
    Bupati Garut

    Candi Cangkuang dikelilingi perairan dan seperti membentuk sebuah pulau kecil. Dengan begitu, memiliki potensi yang besar untuk membangkitkan perekonomian khususnya di kota Intan.

    “Desa ini memiliki daya tarik wisata seperti candi hingga situ atau danau. Potensi ini yang kita optimalisasikan sebagai upaya kebangkitan ekonomi nasional berbasis desa wisata,” ungkapnya.

    Sandiaga Uno berharap, Desa wisata Cangkuang menjadi percontohan dan terbukti desa wisata ini menjadi percontohan bagi 4 desa wisata lainnya di Kecamatan Leles dan mampu memberikan multiplier effect bagi masyarakat sekitar.

    (Andian/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img