spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Gatal Kepala Karena Kutu dan Ketombe? Simak Berikut 3 Cara Alami Untuk Mengatasinya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gatal gatal karena banyak Kutu dan ketombe dikepala, hal itu bisa dibilang merupakan masalah besar yang sering dianggap sepele oleh sebagian orang.

    Karena, jika dibiarkan berkembang kutu dan ketombe akan membuat rambut menjadi rontok dan pastinya rusak.

    Selain itu, pasti akan membuat diri kita kehilangan percaya diri karena banyak nya ketombe di rambut.

    Sebelum menjadi masalah yang besar alangkah baiknya jika melakukan pencegahan terlebih dahulu untuk menghilangkan kutu dan ketombe di rambut secara alami.

    BACA JUGA: Jeruk Nipis Bermanfaat bagi Kesehatan dan Kecantikan

    Ada banyak prodak-prodak yang ditawarkan diwarung dan dipasar untuk mengatasi masalah rambut berketombe dan berkutu, namun alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan cara alami untuk mengatasi itu.

    Perlu diketahui juga bahwa kutu dan ketombe di rambut bisa menular jika kita sering berinteraksi dengan orang yang mengalami masalah kutu rambut.

    Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita agar mengurangi interaksi dengan orang yang mempunyai masalah kutu dan ketombe rambut seperti tidak meminjamkan sisir, handuk dan barang pribadi lainnya.

    Orang yang terinfeksi oleh kutu rambut akan mengalami gejala benjolan merah pada kulit kepala yang akan terasa sangat gatal, jika di acuhkan dan dianggap sepele pastinya rambut kita akan menjadi sarang bagi kutu.

    Nah, melansir dari berbagai sumber, berikut ini 3 bahan alami untuk menghilangkan ketombe dan kutu di rambut.

    1. Menggunakan Bawang Putih
    FOKUSJabar.id Kutu dan Ketombe
    Bawang Putih. (Foto: Web)

    Walaupun mungkin bagi sebagian orang bawang putih memiliki aroma yang tidak begitu enak, tapi bawang putih juga bisa digunakan loh untuk mengatasi masalah ketombe dan kutu pada rambut.

    Caranya yaitu, ambil 10 siung bawang putih lalu tumbuk sampai halus tambahkan air jeruk setelah itu bisa dioleskan atau dibalurkan pada kulit kepala selama 30 menit. Jangan lupa setelah itu bilas menggunakan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal bisa dilakukan setiap satu hari sekali sampai ketombe dan kutu dikepala hilang.

    1. Cuka Apel dan Garam
    FOKUSJabar.id Kutu dan Ketombe
    Cuka Apel dan Garam. (Foto: Web)

    Cara alami selanjutnya untuk menghilangkan ketombe dan kutu di kepala yaitu dengan mengkombinasikan cuka apel dengan garam.

    Diketahui bahwa cuka apel dan garam berguna untuk mengatasi kelembaban yang terjadi pada rambut kita. Hal itu lah yang menjadi acuan bahwa cuka dan garam bisa menghilangkan ketombe dan kutu pada rambut.

    Cara mengaplikasikan dua bahan tersebut juga tidak terlalu sulit, yaitu masukan garam ke dalam cuka yang sudah dituangkan kedalam gelas lalu aduk dan masukan ke dalam semprotan untuk kemudian disemprotkan ke area rambut kita.

    Lakukan hal itu sampai semua bagian rambut sudah tersemprot cairan cuka apel dan garam lalu setelah itu bilas menggunakan sampo agar rambut kita tetap harum.

    1. Oleskan Minyak Zaitun
    FOKUSJabar.id Kutu dan Ketombe
    Minyak Zaitun. (Foto: Web)

    Seperti kita ketahui bahwa khasiat dari minyak zaitun ini tidak bisa diragukan lagi, salah satunya yaitu untuk kesehatan pada kulit rambut.

    Agar ketombe dan kutu pada rambut hilang kita bisa mengaplikasikan minyak zaitun pada kulit rambut kita.

    Cara ini bisa dilakukan dimalam hari agar lebih efektif, cara nya yaitu, oleskan minyak zaitun pada permukaan kulit kepala dan rambut kemudian tutup rambut kita menggunakan shower cap tunggu sampai pagi hari. Lalu setelah itu bisa dibilas menggunakan sampo jangan lupa sisir rambutnya nanti akan terlihat ketombe dan kutu yang mati berjatuhan.

    Nah itulah 3 cara alami untuk mengatasi ketombe dan kutu pada rambut kita.

    (Fauza)

    Berita Terbaru

    spot_img