spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Warga Isoman Covid-19 Bisa Pinjam Tabung Oksigen via Pikobar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Permintaan oksigen yang tinggi selama lonjakan kasus Corona Virus Disease (Covid-19) membuat warga yang sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) kesulitan mendapatkan tabung dan isi ulang.

    Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) pada 12/7/2021 mencatat, selama 30 Juni-6 Juli 2021, 466 warga Jawa Barat (Jabar) meninggal dunia saat Isoman akibat Covid-19 dengan beragam penyebab.

    Mulai dari terjadi perburukan, terlambat datang ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) hingga keterbatasan perlengkapan penunjang Isoman di rumah atau pusat isolasi kelurahan/desa.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Ajak Ikatan Alumni Sekolah Jadi Panitia Vaksinasi Covid-19

    Terkait hal itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Emil) sejak 26 Juli 2021 lalu telah mengoperasikan stasiun pengisian oksigen (filling station oksigen) di lima daerah (Kota Bandung, Sukabumi, Cirebon, Kabupaten Bekasi (Cikarang) dan Kabupaten Tasikmalaya untuk mempercepat distribusi oksigen medis ke rumah sakit rujukan Covid-19.  

    “Skema filling station untuk mempermudah dan mempercepat pengisian oksigen bagi rumah sakit,” kata Ridwan Kamil.

    Sementara untuk kebutuhan oksigen masyarakat, pihaknya menginisiasi Oksigen Masyarakat Jawa Barat (Omat) sebagai solusi.

    Omat berkolaborasi dengan JQR (Jabar Quick Respons), JNE dan Jasa Sarana serta beberapa komunitas amal seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas), Gerakan Indonesia Kita (Gita), Usaha Bersama Jabar (UBJ) dan Rumah Amal Salman ITB, untuk donasikan tabung oksigen.

    Omat menjalankan sistem peminjaman tabung oksigen yang bersifat sementara bagi warga Isoman dalam kondisi darurat dan kesulitan masuk rumah sakit karena penuh.

    Saat ini, Omat dapat diakses di laman Pikobar (https://pikobar.jabarprov.go.id/isoman) yang dikelola Jabar Digital Service (JDS).

    Dengan fitur ini, masyarakat dapat meminjam tabung oksigen secara digital dan gratis. Dalam tabung sudah terpasang barcode sehingga lokasi si peminjam dapat dilacak secara digital.

    Warga yang memerlukan pinjaman tabung oksigen dapat mengakses laman Pikobar Fitur Isoman dan pilih ’Saya Butuh Tabung Oksigen’.

    Warga akan diarahkan untuk mengisi formulir permohonan peminjaman tabung oksigen dan telekonsultasi dengan dokter di Pikobar untuk memastikan penanganan yang tepat dan pengiriman tabung oksigen medis langsung ke rumah.

    Bagi warga maupun komunitas yang ingin mendaftar sebagai donatur atau kontributor tabung oksigen, akses laman Pikobar Fitur Isoman dan pilih ’Saya Punya Tabung Oksigen’.

    Lengkapi Formulir Kontributor Tabung Oksigen Masyarakat Jawa Barat dan detail stok tabung/konsentrator sebelum proses penjemputan tabung oksigen oleh kurir yang disediakan Posko Oksigen Jabar. Antarjemput tabung oksigen melalui Pikobar Omat akan difasilitasi Pemprov Jabar.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img