spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Pemkab Pangandaran Bakal Beli Generator Oksigen Rp 5,4 M

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran berencana membeli generator oksigen senilai Rp 5,4 milyar, Selasa (3/8/2021).

    Pembelian Alat pemroduksi oksigen medis tersebut merupakan solusi masalah ketersediaan oksigen medis di Pangandaran.

    “Kita belajar dari kejadian pasien meninggal dunia akibat rumah sakit kehabisan oksigen. Makanya kami memutuskan untuk membeli generator oksigen,” kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Selasa (3/8/2021).

    Jeje mengatakan, dalam kondisi normal kebutuhan oksigen di RSUD Pangandaran mencapai 30 ton sebulan. Ketika terjadi lonjakan kasus Corona, kebutuhan meningkat berlipat-lipat.

    BACA JUGA: PKK, TNI dan Polri di Pangandaran Bagikan Nasi Box untuk Warga Isoman

    “Sementara pasokan sulit didapat kemudian harganya pun mahal, anggaran yang dibutuhkan untuk pembelian pun jadi membengkak,” kata Jeje.

    Jeje menyebut menambahkan proses pengadaan generator oksigen itu akan mulai dilaksanakan. Ditargetkan proses lelang dan instalasi alat tersebut selesai dalam waktu satu bulan ke depan.

    “Harus cepat, kalau alat itu sudah ada kita nggak perlu beli oksigen lagi,” kata Jeje, seperti dilansir Detik.

    Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah Pangandaran Hendar Suhendar mengatakan, kebutuhan pembiayaan penanggulangan penyakit yang sudah menjadi pandemi global ini menguras APBD. Pemkab Pangandaran harus melakukan pengalihan atau refocusing dari pos anggaran lain.

    “Butuh anggaran sekitar Rp 34 miliar, kami lakukan refocusing anggaran untuk memenuhi kebutuhan anggaran penanggulangan Covid-19,” kata Hendar.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img